10 Agama Terbesar Dunia, Mana yang Bakal Mendominasi Tahun 2050?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 21 Jan 2022 06:00 WIB
Ilustrasi Salam Semua Agama (Andhika Akbarayansyah)
Ilustrasi agama di dunia. Agama apa yang diprediksi mendominasi tahun 2050? Foto: (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Situs data demografis dunia menyajikan data agama dengan pemeluk terbanyak di dunia tahun 2021. Hasilnya, agama terbesar di dunia memiliki pemeluk hingga mencapai 2,38 miliar. Sebaliknya, ada 1,2 miliar orang di dunia yang tidak menganut agama.

Data diperoleh dari komposisi agama menurut negara tahun 2010-2050, buku fakta dunia CIA 2021, arsip data himpunan agama 2015, data populasi menurut agama, jenis kelamin, dan tempat tinggal di perkotaan atau pedesaan, serta dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Selain itu, ada dua situs yang menyajikan data tersebut yaitu World Population Review dan informasi Britannica. Perlu dicatat, daftar ini bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kondisi tiap orang. Berikut urutannya

10 Agama terbesar di dunia berdasarkan jumlah pemeluknya

1. Kristen

Agama paling besar di dunia 2021 adalah Kristen yang dipraktikkan hampir 2,38 miliar orang. Kristen mempunyai enam cabang yang dipilih tiap pemeluknya. Cabangnya adalah Catholicism, Protestantism, Eastern Orthodoxy, Anglicanism, Oriental Orthodoxy, dan Assyrians.

2. Islam

Selanjutnya, Agama paling besar kedua disusul oleh agama Islam dengan 1,9 miliar pemeluk. Jumlah muslim di Maldives, Mauritania, dan Arab Saudi mencapai 100 persen yang artinya seluruh penduduk beragama Islam.

3. Hindu

Agama Hindu ternyata menjadi yang ketiga terbesar di seluruh dunia. Pemeluknya mencapai 1,16 miliar dari seluruh dunia. Pemeluk agama Hindu terbesar berada di India dengan jumlah mencapai 1,05 miliar.

4. Buddha

Agama Buddha dianut dengan sekitar 507 juta orang di seluruh dunia. China memiliki jumlah umat Buddha paling banyak di dunia mencapai 244 juta. Selanjutnya adalah Thailand dengan 64,4 juta dan Jepang sebanyak 45,8 juta.

Untuk daftar selanjutnya adalah daftar agama tradisional atau agama rakyat yang banyak dipraktikkan oleh penduduk dunia dalam kehidupan sehari-hari.

5. Shinto

Agama ini, berkembang di Jepang pada abad ke-8 M dengan total jumlah pemeluk 104 juta orang. Shinto lebih cenderung berfungsi sebagai dasar dari banyak praktik budaya di Jepang.

6. Sikhisme

Kepercayaan ini relatif baru dibandingkan dengan banyak agama lain, namun memiliki penganut sebanyak 25 juta orang. Sikhisme lahir di India pada 1500-an M dari ajaran Guru Nanak dan sembilan penerusnya.

7. Yudaisme

Agama monoteistik ini muncul di Timur Tengah sekitar abad ke-8 SM hingga memiliki 14 juta pemeluk. Saat ini terdiri dari tiga cabang utama yakni, Yudaisme Ortodoks, Yudaisme Konservatif, dan Yudaisme Reformasi.

8. Taoisme

Taoisme adalah agama rakyat terbesar selanjutnya yang berkembang di Cina sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Jumlah pemeluknya sudah mencapai 12 juta pengikut.

9. Muisme

Selanjutnya, ada Muisme sebagai salah satu agama tertua di dunia dengan 10 juta pengikut. Kepercayaan ini terkait erat dengan budaya dan sejarah tradisional Korea dan juga dikenal sebagai Shamanisme Korea.

10. Cao Dai

Terakhir, agama Cao Dai yang lahir di Vietnam pada tahun 1926. Cao Dai dibentuk oleh Ngo Van Chieu, yang mengaku telah menerima pesan dari sosok dewa yang dikenal sebagai Supreme Being selama pemanggilan arwah. Data terakhir mencatat, pemeluknya mencapai 4.4 juta orang.

Agama apa yang diprediksi mendominasi tahun 2050?

Mengutip Majalah TRT World, para peneliti di Pew Research Center mengungkapkan, populasi agama Islam akan mengungguli pemeluk agama Kristen pada akhir abad ke-21. Hingga tahun 2050, jumlah muslim di dunia akan hampir sama jumlahnya dengan orang Kristen dari seluruh dunia.

"Memang, muslim akan tumbuh lebih dari dua kali lebih cepat dari populasi dunia secara keseluruhan antara 2015-2060. Kemudian, pada paruh kedua abad ini, kemungkinan akan melampaui Kristen sebagai kelompok agama terbesar di dunia," tulisnya.

Pew Research Center mengatakan, hal ini dilatarbelakangi dari beberapa faktor. Seperti, setiap wanita muslim di dunia memiliki rata-rata kelahiran anak sebesar 2,9. Di sisi lain, rata-rata kelahiran anak untuk semua kelompok agama lain digabungkan hanya 2,2.

Tidak hanya itu, populasi muslim di dunia juga disebut-sebut sebagai populasi dengan rata-rata termuda di dunia. Studi menyebutkan, populasi muslim memiliki usia rata-rata 7 tahun lebih muda dari rata-rata usia populasi agama lain.

Pew Research Center juga memperkirakan prediksi untuk tahun 2015-2060 mendatang. Populasi pemeluk agama Islam akan mengalami pertumbuhan hingga 70 persen. Sementara pemeluk Kristen akan meningkat 34 persen dan disusul oleh umat Hindu dengan peningkatan sebesar 27 persen.



Simak Video "Polisi Temukan 77 Anak di Bawah Umur Tergabung Jaringan Teroris NII"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia