Mengenal Daerah Penghasil Rempah di Indonesia, Siswa Perlu Tahu Nih!

Anisa Rizki - detikEdu
Jumat, 13 Mei 2022 11:30 WIB
Penelitian Ungkap 1 Sendok Teh Rempah Ampuh Turunkan Resiko Stroke
Rempah khas Indonesia. Foto: Getty Images/iStockphoto/Vadzim Kushniarou
Jakarta -

Indonesia sudah dikenal sebagai negara sentra rempah sejak zaman kolonialisme. Khasiat rempah-rempah sendiri sudah dibuktikan oleh bangsa Eropa sebagai penghangat serta pengawet makanan.

Menurut Dr. Abdurakhman, S.S., M.Hum dalam bukunya yang berjudul Explore Sejarah Indonesia Jilid 2, harga rempah rempah melambung tinggi akibat jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani pada tahun 1453. Konstantinopel sendiri merupakan pusat perdagangan rempah rempah Eropa di kawasan Laut Tengah.

Maka dari itu, orang Eropa melakukan penjelajahan samudra ke wilayah Timur untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah. Kemudian, Portugis merupakan bangsa Eropa yang pertama kali menemukan Indonesia atau yang saat itu dikenal dengan Nusantara sebagai daerah penghasil rempah-rempah.

Indonesia sebagai penghasil rempah terbesar dibuktikan dari adanya dinamika perdagangan di Malaka yang dipengaruhi oleh para pedagang dari Jawa Timur yang membawa rempah-rempah dari Maluku.

Melansir dari laman indonesia.go.id, rempah-rempah yang dimaksud yaitu lada, kayu manis, pala, vanili, cengkeh, kunyit dan jahe. Adapun daerah penghasil rempah-rempah di Indonesia banyak meliputi wilayah Indonesia bagian Timur.

Lada banyak dijumpai di Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Nilai rempah ini sendiri mencapai USD 143, 6 juta atau setara dengan Rp1,9 triliun.

Tak hanya lada, bahkan hal yang sama juga terjadi pada rempah cengkeh. Rempah yang satu ini sempat populer dan menjadi yang paling mahal di Eropa saat awal ekspansi Portugis ke Maluku. Di Indonesia sendiri, rempah cengkeh tersebar di Jambi, Maluku, NTT, Papua, Riau dan Kalimantan Tengah.

Selain cengkeh, ada kayu manis. Kayu manis memiliki aroma yang harum dengan rasa yang khas dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan kue.

Daerah persebaran cengkeh banyak terdapat di Jambi, Sumatra Barat dan Yogyakarta.

Rempah selanjutnya yaitu ada tanaman pala. Pala banyak terdapat di daerah Bengkulu, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara.

Sedangkan untuk rempah vanili, sebetulnya tanaman ini bukan tanaman khas Indonesia melainkan dari Meksiko. Namun, seiring berjalannya waktu vanili sudah banyak dibudidayakan di daerah Jawa Timur, Lampung, NTT, Jawa Tengah serta Yogyakarta.

Itulah beberapa daerah penghasil rempah di Indonesia. Sebagian besar daerah tersebut merupakan Indonesia bagian timur.



Simak Video "Bangkit dari Pandemi dengan Usaha Wedang Rempah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia