ADVERTISEMENT

4 Contoh Teks Cerita Inspiratif Beserta Struktur Penulisannya

Anisa Rizki - detikEdu
Kamis, 12 Mei 2022 17:00 WIB
ilustrasi menulis surat
Ilustrasi menulis contoh teks cerita inspiratif (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Teks cerita inspiratif adalah sebuah cerita yang bersifat realis dan mengandung pesan moral di dalamnya. Biasanya, cerita inspiratif didapatkan dari kisah hidup seseorang.

Contoh teks cerita inspiratif cukup beragam. Cerita tersebut bisa muncul karena adanya ide kreatif dari lingkungan sekitar.

Selain pengalaman nyata seseorang, cerita inspiratif juga dapat berupa cerita fiksi yang bertujuan menginspirasi para pembacanya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mari kita simak contoh teks cerita inspiratif sebagaimana dikutip dari buku Explore Bahasa Indonesia Jilid 3 untuk SMP/MTS Kelas IX oleh Erwan Rachmat, S.Pd., M.Pd.

Contoh Teks Cerita Inspiratif Kisah Hidup

Tiap Orang Memiliki Kisah Hidup

Seorang pemuda berusia 24 tahun sedang berada di kereta api bersama ayahnya. Ia melihat ke luar jendela kereta api. Ia pun berteriak, "Ayah, lihat pohon pohon itu berjalan!"

Kemudian ayahnya tersenyum. Namun, pasangan muda yang duduk di dekatnya, memandang pemuda berusia 24 tahun itu berperilaku kekanak kanakan. Pasangan muda itu melihat si pemuda dengan rasa kasihan. Tiba tiba, si pemuda kembali berseru, "Ayah, awan itu seperti berlari mengejar kita!"

Akhirnya, si pasangan muda tidak bisa lagi menahan rasa risih mereka. Si pria berkata kepada orang tua si pemuda.

"Mengapa Anda tidak membawa anak Anda ke dokter jiwa, Pak?"

Orang tua itu tersenyum dan berkata, "Saya sudah membawanya ke dokter dan kami baru saja pulang dari sana. Anak saya ini buta sejak lahir. Dia baru saja mendapat donor mata dan baru bisa melihat hari ini."

Contoh Teks Cerita Inspiratif Seorang Motivator

Menjadi Motivator Keliling Indonesia dan Dunia

Selain menjadi seorang dokter dan CEO Indonesia Medika, dr. Gamal juga aktif memberikan kuliah umum dan menjadi motivator di kampus, masjid, instansi, dan sebagainya di lebih dari 15 negara di empat benua. Pada tahun 2016, ia membuat gerakan baru yang menyisir kaum muda Indonesia, yaitu Gerakan pemuda Revolusi Mental, sebuah gerakan yang melibatkan 3400 pemuda seluruh Indonesia, mencari 34 pemuda Indonesia terbaik, roadshow di 96 titik, mengantarkan 100 pengusaha muda go international, 100 pengusaha muda go Asean, menyediakan 7 konsultan berpengalaman, mendistribusikan 10.000 buku, melahirkan 60 pengusaha muda baru, mengolaborasikan 100 wirausaha sosial di Indonesia, dan mentransformasi 100 pengusaha.

"Dengan gerakan ini, kami yakin satu teladan lebih baik daripada 1000 ucapan, karena indah bukan kata pada kata, tapi pada karya. Suatu saat, bangsa ini akan menyadari bahwa kami adalah orang yang dinanti-nanti," jelas dokter berpredikat cumlaude dengan IPK 3,69 ini.

Dr. Gamal bisa menyebarkan inspirasi inspirasinya melalui kata kata kutipan indah untuk para pengikutnya di media sosial. Selain itu, informasi seminar atau kegiatan lain yang akan dihadiri dr. Gamal juga biasa ia update via Facebook di Gamal Albinsaid, Twitter di @Gamal_lbinsaid, Instagram di @gamalalbinsaid, dan website resmi Indonesia Medika di www.indonesiamedika.com.

Contoh Teks Cerita Inspiratif Seorang Pekerja Tambal Ban

Tukang Tambal Ban

Pernah suatu ketika, ban motor saya kempis sepulang dari mengikuti pengajian rutin tiap pekan di rumah teman. Saat itu, waktu menunjukkan pukul setengah sebelas malam. Malam terasa begitu dingin karena saat itu sedang musim hujan. Akan tetapi, alhamdulilah, saat itu hujan tidak turun.

Sambil menuntun sepeda motor, saya berjalan menelusuri jalan untuk mencari tukang tambal ban.

"Ada apa, Mas?" tanya seorang pemuda yang duduk duduk di depan rumah.

"Ban motor saya bocor. Di mana, ya, tukang tambal ban yang masih buka?" tanya saya.

"Wah, sudah pada tutup semua, Mas! Adanya di dekat jalan raya, tapi cukup jauh!" jawabnya.

"Makasih, Mas!" ucapku penuh semangat dengan rasa senang tak terkira, seperti anak kecil diberi es krim. Tidak apa apa jauh sampai haru berjalan ke jalan raya, asalkan ban bisa ditambal.

Alhamdulilah, saat itu saya ditemani ustaz saya, Pak Nur Yulianto. Jazakallah, Pak Ustaz. Beliau tidak tega meninggalkan saya sendiri, berjalan menelusuri malam untuk mencari tukang tambal ban.

Setengah jam berjalan, akhirnya, saya menemukan tukang tambal ban. Tapi, rupanya ujian masih belum usai. Tukang tambal ban ternyata sudah tidur dan tidak bisa dibangunkan. Tukang ban tetap tidak bangun walaupun sudah saya goyang goyang tubuhnya. Saya mencoba memahaminya. Mungkin tukang ban sudah terlalu capek hingga digoyang goyang juga tetap tidak bangun.

Perjalanan pun kami lanjutkan. Akhirnya, kami menemukan tukang tambal ban yang sedang menambal ban sebuah motor setelah kami berjalan berkilo kilo jauhnya.

"Alhamdulilah." Ucapku dengan rasa senang luar biasa, sambil menuntun motor tuaku dengan semangat walaupun tenaga sudah mulai loyo.

Sambil menunggu tukang tambal ban menyelesaikan pekerjaannya, saya, merenung, betapa mulianya pekerjaan Bapak tukang tambal ban ini. Saya pun baru menyadari betapa pentingnya keberadaan mereka. Coba bayangkan apabila mereka tidak ada.

Lantas seperti apa struktur penulisan teks cerita inspiratif? Klik halaman selanjutnya untuk membaca >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia