7 Tempat Wisata Edukasi di Bandung, Dijamin Langsung Pinter

Nikita Rosa Damayati Waluyo - detikEdu
Jumat, 06 Mei 2022 20:00 WIB
Petani Stroberi di Ciwidey Bandung
Kebun strawberry Ciwidey, tempat wisata edukasi pilihan di Bandung. Foto: Muhammad Iqbal
Jakarta -

Beberapa daerah di Indonesia memperpanjang libur anak sekolah, yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Bingung ingin ajak anak ke mana? Orang tua bisa menuju tempat wisata edukasi di Bandung, Jawa Barat..

Tempat wisata edukasi ditujukan untuk rekreasi dan sarana belajar anak. Tema yang diangkat beragam misalnya edukasi tentang hewan, tanaman, tata surya dan kondisi luar angkasa, berbagai produk kemajuan teknologi yang bermanfaat bagi manusia.

Bandung tentunya dapat menjadi alternatif bagi keluarga Indonesia yang ingin berwisata. Berada di dataran tinggi, Bandung cocok untuk keluarga yang ingin melepas penat sekaligus belajar. Tertarik berlibur di wisata edukasi Bandung? Simak daftarnya.

7 Tempat Wisata Edukasi di Bandung


1. Taman Bunga Begonia Lembang

Taman Bunga Begonia Lembang merupakan taman yang memamerkan berbagai jenis bunga rumah hingga yang langka. Bunga-bunga yang ada seperti Bunga Balinea, Cosmos, Dianthus, Gloxinia, dan masih banyak lagi yang lain.

Selain melihat keindahan tanaman, tempat wisata ini juga memberikan kelas merawat tanaman, dari memberikan pupuk, dan menyiangi rumput.Jika orang tua tertarik mengajak anak belajar merawat tanaman, maka bisa datang ke Taman Bunga Begonia yang berlokasi yang dibanderol Rp 10 ribu ini.

2. Jendela Alam

Ingin anak belajar tentang alam sambil bermain? Maka jendela alam adalah tempat yang tepat. Jendela Alam menyediakan berbagai kegiatan outbond untuk meningkatkan rasa kepedulian anak terhadap alam.

Anak bisa belajar bercocok tanam, memberi makan kuda, hingga belajar ternak telor ayam. Tiket Jendela Alam dihargai Rp 15 ribu pada hari kerja dan Rp 20 ribu pada hari libur.

3. Saung Angklung Udjo

Angklung merupakan alat kesenian musik tradisional yang masih dilestarikan hingga saat ini. Sayangnya kini penggunaan angklung terbatas pada acara kebudayaan saja, jadi ketenaran angklung mulai berkurang.

Orang tua bisa mengajak anak ke Saung Angklung Udjo untuk mengenalkan angklung sekaligus mengikuti workshop pembuatannya. Tempat wisata edukasi ini mematok tiket seharga Rp 67.900 berlaku pada hari biasa, dan Rp 72.750 untuk kunjungan di akhir pekan.

4. Padepokan Dayang Sumbi

Penasaran dengan pembuatan kain halus dari sutra? Kamu bisa datang ke Padepokan Dayang Sumbing. Di sini, anak dapat belajar proses perkembangbiakan ulat sutera dan cara pengolahannya menjadi kain.

Tiket masuk Padepokan Dayang Sumbing adalah Rp85 ribu. Tidak usah takut, ulat sutera tidak bikin gatal, lho!

5. Kebun Strawberry Ciwidey Bandung

Kebun Strawberry Ciwidey cocok untuk keluarga yang ingin belajar memetik strawberry. Anak dapat belajar dekat dengan alam dan menghargai pertanian.

Selain itu, pemandangan yang asri dan sejuk cocok untuk healing. Tiket masuk gratis namun akan dihitung perbuah strawberry yang dipetik.

6. Observatorium Bosscha

Setelah mempelajari alam bumi jangan lupa ajak anak belajar benda langit. Observatorium Bosscha adalah observatorium modern pertama di Asia Tenggara. Di dalamnya, tersedia 6 teleskop yang masih aktif digunakan.

Observatorium ini terus berkontribusi bagi kemajuan ilmu astronomi Indonesia. Ia juga jadi langganan pemantauan Hilal, lho. Dibuka secara terbatas, tiket masuk Observatorium Bosscha adalah Rp15 ribu pada siang hari dan Rp20 ribu pada malam hari.

7. Taman Lalu Lintas

Jika ingin mengajarkan anak-anak kedisiplinan tentang lalu lintas, Taman Lalu Lintas Bandung bisa jadi tempat wisata edukasi yang tepat. Taman Lalu Lintas Bandung menawarkan kegiatan bersepeda, belajar rambu lalu lintas, naik kereta, dan masih banyak lagi.

Tempat ini juga menyediakan wahana bermain seperti kolam renang dan kolam pancing. Jika ingin masuk ke Taman Lalu Lintas Bandung hanya perlu membayar sebesar Rp6 ribu per orang.

Nah, itulah 7 tempat wisata edukasi di Bandung. Jika ingin berkunjung, jangan lupa pakai masker, ya!



Simak Video "Libur Sekolah, Tol Japek Menuju Bandung Padat"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia