Tuntunan Potong Kuku Sesuai Sunnah, Haruskah pada Hari Jumat?

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 29 Apr 2022 18:00 WIB
nail scissors
Potong kuku sesuai sunnah dalam Islam. Foto: iStock
Jakarta -

Seperti apakah potong kuku sesuai sunnah? Dalam agama Islam, adakah hari yang paling dianjurkan untuk memotong kuku?

Pada dasarnya, sunnah memotong kuku adalah salah satu dari lima sunnah fitrah dalam Islam mengenai kebersihan. Tujuannya adalah menghindari penumpukan kotoran dan kuman di ujung jari.

Dijelaskan oleh Raghib As-Sirjani dalam buku 354 Sunnah Nabi Sehari-hari, waktu paling lama untuk memotong kuku adalah 40 hari. Nabi Muhammad SAW menerangkan hal ini melalui hadis dari Anas bin Malik RA. Baginda Rasulullah berkata:

وُقِّتَ لَنَا فِي قَصِّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمِ الْأَظْفَارِ وَنَتْفِ الْإِبِطِ وَحَلْقِ الْعَانَةِ أَنْ لَا نَتْرُكَ أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

Artinya: "Diberikan waktu bagi kami untuk mencukur kumis, bulu ketiak, memotong kuku, dan mencukur bulu kemaluan tidak lebih dari empat puluh hari." (HR Muslim).

Apakah Memotong Kuku Harus pada Hari Jumat?

Farid Nu'man dalam buku Fiqih Praktis Sehari-hari menjelaskan, sebetulnya para ulama berpendapat tidak ada hari khusus untuk memotong kuku dalam hadis-hadis.

Pakar hadis sekaligus anak didik dari Imam Ibnu Hajar rahimahullah Imam as Sakhawi dalam kitab al Maqashid al Hasanah menyebutkan, "Tidak ada yang sahih sedikit pun dari Nabi SAW tentang cara menggunting kuku pada hari tertentu."

Kendati begitu, patut diketahui juga sebagian imam salaf cenderung menyukai potong kuku pada hari Jumat. Pendapat ini dikemukakan ahli hadis Imam an Nawawi dalam kitab al Majmu Syarh al Muhadzdzab.

Musabab pemilihan hari Jumat adalah anggapan sebagai hari raya pekanan umat Islam sekaligus sebagai penghulu hari atau sayyidul ayyaam.

Mazhab Imam Syafi'i juga berpendapat, hari Kamis dan Senin adalah hari yang baik untuk memotong kuku.

Sesuai yang dicatatkan dalam buku Fikih Empat Madzhab Jilid 3 oleh Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi yaitu, "Memotong kuku yang panjang pada hari Jumat adalah sunnah bagi yang sedang tidak ihram. Begitu pula hari Kamis dan Senin."

Cara Memotong Kuku Sesuai Mazhab Syafi'i

Dikutip dari buku Adab Berpakaian dan Berhias (Fikih Berhias) yang ditulis Syaikh Abdul Wahab Abdussalam Thawilah, cara memotong kuku sesuai sunnah adalah diawali dari kuku jari telunjuk kanan hingga kelingking. Kemudian, dilanjutkan dengan memotong kuku ibu jari tangan kanan.

Ketika sudah selesai memotong kuku-kuku pada tangan kanan, maka ganti kuku-kuku tangan kiri. Caranya pun sama.

Lantas, cara memotong kuku-kuku jari kaki pun tak jauh berbeda dari memotong kuku jari-jari tangan. Hanya ada sedikit perbedaan. Untuk kuku jari kaki, dimulai dari kuku kelingking kanan dan dilanjutkan sampai kuku kelingking kiri berturut-turut.

Kebiasaan potong kuku sesuai sunnah diharapkan bisa mendorong umat muslim senantiasa menjaga kebersihan. Terlebih, Nabi Muhammad SAW dikenal amat mencintai kebersihan dan detail.



Simak Video "Cegah PMK Makin Meluas, Pemkab Lumajang Tutup Sementara 5 Pasar Hewan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia