detikKultum Ustaz Das'ad Latif: Para Suami, Ini Kewajiban Kalian Terhadap Istri

Anisa Rizki - detikEdu
Kamis, 28 Apr 2022 17:30 WIB
Jakarta -

Menikah memiliki tujuan kebaikan dalam kehidupan nyata dan menjalankan perintah Allah SWT, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an surat An-Nur ayat 32 yang berbunyi:

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: "Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui."

Pasangan suami istri hendaknya saling menyayangi dan mencintai satu sama lain. Masing-masing dari mereka mempunyai kewajibannya sendiri.

Pada detikKultum kali ini, Ustaz Das'ad Latif akan memaparkan terkait kewajiban suami kepada istrinya. Kewajiban ini berdasarkan kitab suci Al-Qur'an secara garis besar.

Yang pertama yaitu memberikan pakaian kepada istrinya, maksud dari pakaian ini berarti harga diri. Suami yang baik dapat menjaga harga diri istri.

"Kalau seorang manusia berpakaian itu biasanya menunjukan kualitas dan martabatnya. Semakin baik pakaiannya biasanya kita liat dia semakin beradab." ujar Ustaz Das'ad Latif dalam detikKultum detikcom, Kamis (28/04/2022).

Lalu kewajiban suami yang kedua yaitu mendidik istrinya. Mendidik istri tidak sekedar melalui lisan, tetapi juga menjadi teladan yang baik.

Menjadi teladan ini berarti memberikan contoh kepada istri. Jika menginginkan istri yang rajin salat maka suami juga harus rajin salat.

"Keteladanan adalah dakwah yang paling efektif. Maka jika ingin istri yang baik, didik dia dengan cara apa? Keteladanan." lanjut Ustaz Das'ad Latif.

Kemudian kewajiban suami yang selanjutnya yaitu menutup aib dan kekurangan istri. Hal ini bisa dilakukan dengan tidak berbicara yang buruk buruk mengenai istri di depan banyak orang.

Biasakan jika ada masalah selesaikan secara internal, tidak diumbar kemana mana khususnya sosial media.

"Siang hari kita didik istri dengan berikan contoh, jadi teladan. Tapi malam hari, jangan putus asa. Kita berdoa kepada Allah SWT agar diberikan hidayah." tutup Ustaz Das'ad Latif.

Penjelasan tentang kewajiban seorang suami terhadap istrinya secara lengkap bisa ditonton DI SINI.

(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia