detikKultum Ustaz Das'ad Latif: Mencontoh Sifat Kepemimpinan Umar bin Khattab

Anisa Rizki - detikEdu
Rabu, 27 Apr 2022 17:30 WIB
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan jika ingin tegak suatu negara, minimal ada 4 hal yang menopangnya. Satu diantaranya yaitu pemimpin yang adil. Pemimpin yang adil akan mengatur sebuah negara dengan baik. Rakyatnya pun akan sejahtera.

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Tanggung jawab yang diemban oleh seorang pemimpin begitu berat.

Dalam Islam, salah satu contoh pemimpin yang adil yaitu Umar bin Khattab yang digelari dengan Amirul Mukminin. Arti dari Amirul Mukminin sendiri yaitu pemimpin bagi orang orang yang beriman.

Dalam detikKultum kali ini, Ustaz Das'ad Latif akan berkisah mengenai masa kepemimpinan Umar bin Khattab. Beliau merupakan pemimpin dengan akhlak yang mulia.

"Suatu ketika Umar bin Khattab berjalan ke kota Madinah, tiba tiba lewatlah seorang pedagang yang muatan untanya overload. Lalu ia menegur pedagang tersebut." kata Ustaz Das'ad Latif dalam detikKultum detikcom, Rabu (27/04/2022) saat berkisah tentang masa kepemimpinan Umar bin Khattab.

Sahabat Rasulullah SAW dengan gelar Amirul Mukminin tersebut mengatakan ia takut jika membiarkan sang pedagang untuk tetap lanjut, nantinya beliau akan diminta pertanggung jawaban di akhirat nanti sebagai seorang pemimpin. Sebegitu adilnya masa kepemimpinan Umar bin Khattab.

Lalu kisah lain adilnya kepemimpinan Umar bin Khattab yaitu saat beliau terjatuh karena jalanan yang tidak rata. Ia langsung mengkhawatirkan rakyatnya, menurutnya jika satu hari ada seseorang atau unta yang melewati jalan tersebut dan ikut terjatuh, Umar akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak.

"Allahuakbar. Sampai segitunya diurusi. Saudaraku, Allah tidak melarang kalian menjadi pemimpin. Tapi jangan menghalalkan segala cara untuk meraih kepemimpinan. Andai saja Anda melihat bagaimana bebannya di akhirat seorang pemimpin, saya yakin meskipun Anda dibayar, Anda tidak akan mau jadi pemimpin." papar Ustaz Das'ad Latif.

Selengkapnya detikKultum bertema kepemimpinan Islam bersama Ustaz Das'ad Latif bisa ditonton DI SINI.

(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia