Fresh Graduate, Ini 6 Pekerjaan yang Paling Dicari Startup

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 26 Apr 2022 14:30 WIB
Group of young business people are working together in modern office. Creative people with laptop, tablet, smart phone, notebook. Successful hipster team in coworking. Freelancers.
Foto: iStock/Vasyl Dolmatov/Fresh Graduate, Ini 6 Pekerjaan yang Paling Dicari Startup
Jakarta -

Kemajuan teknologi membuat perusahaan rintisan atau startup berkembang pesat di berbagai sektor. Mulai dari perusahaan bidang transportasi online hingga e-commerce.

Menurut Lembaga riset Center for Human Genetic Research (CHGR), pada tahun 2020 bisnis rintisan di Indonesia tumbuh hingga 6,5 kali lipat atau 13.000 bisnis. Hal ini tentu membuat lapangan pekerjaan di startup terbuka lebar.

Tak terkecuali bagi para fresh graduate dan kalangan milenial. Perusahaan startup menjadi tujuan karier karena dinilai sangat mewakili kemajuan zaman. Hal itu bisa dilihat dari pola kerja yang tidak terlalu kaku, cara komunikasi yang nyaman, dan tempat kerja yang kekinian.

Nah, sebelum fresh graduate memilih bekerja di startup, berikut ini beberapa bidang pekerjaan yang paling dicari perusahaan startup dikutip dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba).

6 Pekerjaan yang Paling Dicari Perusahaan Startup:

1. Web Developer

Profesi yang satu ini sudah tak asing lagi di dunia startup. Pasalnya, setiap startup pasti membutuhkan Website Developer untuk membangun dan mengembangkan bisnisnya dengan teknologi.

Website Developer adalah seorang programmer yang dapat membuat program dan aplikasi untuk web. Profesi ini cocok bagi para lulusan teknik informatika atau teknik komputer.

2. Data Scientist dan Data Analyst

Mahasiswa yang berminat pada bidang data scientist dan data analyst berfokus pada peningkatan keterampilan visualisasi data mereka, bersama dengan matematika dasar, probabilitas, dan keterampilan statistik.

3. Mobile Developer

Banyak startup bermunculan dengan basis aplikasi. Hal itu membuat startup membutuhkan banyak profesi Mobile Developer.

Profesi ini bertanggung jawab terhadap rekomendasi perubahan atau menambah fitur baru dalam aplikasi. Dalam pekerjaan ini, A/B testing atau uji coba sangat sering dilakukan.

Profesi ini cocok bagi para lulusan teknologi informasi; teknik komputer, sistem informasi atau teknik informatika.

4. Sales & Business Development

Selain membutuhkan profesi-profesi yang berkaitan dengan teknologi, startup juga membutuhkan manusia yang mahir menyiapkan strategi bisnis.

Hal itu menjadikan profesi Sales dan Business Development juga sering dicari startup. Pekerjaan ini berperan dan bertanggung jawab terhadap target dan strategi bisnis jangka panjang.

5. Marketing & PR

Dalam perkembangan dunia bisnis dan teknologi, perusahaan startup juga membutuhkan orang-orang yang pintar berkomunikasi. Hal itu bertujuan untuk memasarkan produk mereka di pasaran.

Oleh karena itu, profesi Marketing dan Public Relation dibutuhkan untuk pemasaran produk hingga membuat campaign yang menarik perhatian pelanggan.

Profesi ini biasanya ditempati oleh para lulusan Komunikasi. Hal itu disebabkan profesi ini sangat menuntut orang-orang yang pandai berbicara dan mempunyai ide-ide kreatif.

6. Enterprise Software & Product Management

Enterprise Software & Product Management adalah profesi yang berkaitan langsung dengan para pemangku kepentingan internal maupun eksternal.

Mereka mendukung kebutuhan bisnis melalui produk yang telah ditentukan perusahaan. Profesi ini melakukan iterasi dan inovasi terhadap produk.

Nah, itulah 6 pekerjaan yang paling dicari startup masa kini. Apakah ada incaran detikers?



Simak Video "Tips dan Trik Tentukan Gaji Untuk Fresh Graduate"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia