6 Pekerjaan Paling Unik dan Langka di Dunia, Ada dari Indonesia

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 24 Apr 2022 09:00 WIB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya memberikan berkah tersendiri khususnya mereka yang menyediakan jasa ojek payung, yang umumnya didominasi oleh kalangan anak-anak.
Foto: Rengga Sancaya/6 Pekerjaan Paling Unik dan Langka di Dunia, Ada dari Indonesia
Jakarta -

Ada banyak pekerjaan yang dilakukan berdasarkan minat dan kesukaan. Namun, ada juga pekerjaan yang dilakukan karena bidang yang cukup langka dan jarang diminati.

Pekerjaan langka tersebut umumnya memiliki keunikan tersendiri dan tidak mudah ditemukan di banyak tempat.

Mengutip laman Western Union, berikut ini beberapa pekerjaan paling unik dan langka di dunia.


6 Pekerjaan Paling Unik dan Langka di Dunia:

1. Penjaga Pulau

Buat kamu yang menyukai alam dan tidak keberatan dengan waktu sendirian mungkin bisa mencoba untuk bekerja sebagai penjaga pulau.

Pemerintah dan beberapa individu yang memiliki pulau-pulau di Karibia, Australia, dan kawasan Asia-Pasifik sering mempekerjakan orang dengan pengalaman pertukangan atau lansekap untuk membantu menjaga barang-barang saat mereka kembali ke daratan.

Pemeliharaan pulau dapat mencakup banyak kerja keras, tetapi menyisakan banyak waktu untuk mengejar minat saat tinggal di alam yang indah.


2. Bike Fisherman

Amsterdam adalah salah satu kota paling ramah sepeda di dunia, dengan jalur sepeda dan rak parkir yang melimpah. Namun di sisi lain, banyak juga sepeda yang kemudian berakhir di kanal-kanal atau dalam perairan kota.

Merespon kondisi ini, Waternet, perusahaan pengelola air kota, kemudian mempekerjakan tim pengeruk sepeda profesional untuk menangkap 12.000-15.000 sepeda yang berakhir di air setiap tahun dengan cakar hidrolik.

Umumnya, sepeda yang ada di kanal adalah sepeda hilang, dicuri, atau dilupakan.


3. Glaciologist

Perusahaan pertambangan, lembaga pemerintah, fasilitas penelitian dan perusahaan konsultan kerap mencari pekerja dengan pengalaman ilmu bumi, geologi atau geofisika yang bersedia bekerja di Antartika atau Kanada utara.

Pekerjaan unik ini melibatkan mempelajari sifat dan pergerakan lapisan es, gletser, topi kutub dan tundra es, terutama yang berkaitan dengan cuaca, iklim, dan permukaan laut global.


4. People Pusher

Tokyo dikenal sebagai sistem metropolitan tersibuk di dunia. Untuk membantu mengakomodasi keramaian, ada sebuah pekerjaan sebagai "pendorong" profesional (people pusher), yang disebut Oshiyas.

Pekerjaan ini bertugas membantu mendorong penumpang ke dalam kereta selama jam sibuk sehingga pintu dapat ditutup. Oshiya bertanggung jawab untuk membawa sebanyak mungkin orang ke kereta tanpa cedera.


5. Dabbawala

Makan siang yang dimasak di rumah hampir selalu mengalahkan salad atau sandwich yang sudah dikemas atau dibungkus sebelumnya.

Di India, pembawa kotak makan siang dibayar untuk mengambil makan siang kemasan panas dari rumah pekerja dan mengantarkannya ke tempat kerja.

Secara harfiah "dabbawala" diterjemahkan sebagai "orang yang membawa kotak". Saat bekerja, dabbawala menggunakan papan keseimbangan untuk membawa banyak kotak makan siang di kepala mereka.


6. Ojek Payung

Saat musim hujan tiba, payung menjadi salah satu barang berharga yang paling dibutuhkan pejalan kaki. Biasanya kebutuhan payung digunakan untuk jarak dekat atau ke tempat tertentu.

Kebutuhan inilah kemudian yang dimanfaatkan beberapa orang untuk menjadi seorang ojek payung. Pekerjaan ini dilakukan dengan membawa payung di beberapa tempat ramai seperti perkantoran, sarana umum, dan lainnya.

Nantinya, penyewa akan membayar pengantar payung sesuai dengan harga yang telah disepakati.

Nah, itulah enam pekerjaan paling unik dan langka di dunia. Apakah detikers tertarik mencobanya?



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia