Fakta Voice Over, Pekerjaan Menjanjikan yang Kian Populer di Era Digital

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 20 Apr 2022 14:45 WIB
Shot of a woman speaking into a microphone in a recording studio
Foto: Istockphoto/Nicola Katie/Fakta Voice Over, Pekerjaan Menjanjikan yang Kian Populer di Era Digital
Jakarta -

Bagi kamu yang suka berbicara atau menirukan suara tertentu, mungkin profesi voice over cocok dijadikan karier masa depan. Terlebih pada era digital, hampir semua konten media sosial membutuhkan seorang voice over (vo).

Mengutip inavoice.com, voice over talent adalah profesi pembaca naskah yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sebuah produk audio atau audio visual.

Pekerjaan ini sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Jika kamu sadari, setiap iklan hingga film animasi memiliki pengisi suara di belakang layar. Itulah pekerjaan seorang voice over talent.

Bagaimana Cara Menekuni Profesi Voice Over?

Untuk menjadi seorang vo, perlu dipahami beberapa skill yang dibutuhkan. Misalnya seperti pernafasan, membaca dengan baik, memberi jeda pada naskah, emphasis, intonasi, dan sebagainya.

Tujuan skill tersebut adalah untuk mendukung penyampaian pesan dalam naskah bisa sampai dengan tepat pada target audiens.

Untuk memulainya, kamu bisa melatih beberapa hal yakni:

- Jangan pesimis jika mempunyai suara yang cempreng dan ngebass. Sebab semua jenis suara itu bisa jadi vo talent asal tekniknya tepat dan sering latihan.

- Melatih suara. Kamu bisa memanfaatkan berbagai media sosial untuk memahami lebih suara yang tepat dalam setiap konten.

- Belajar dan Perluas Networking. Karena dengan belajar bersama ahlinya, tidak hanya membuat suara lebih berkarakter, namun juga jadi punya banyak networking.

Peluang Karier Voice Over

Profesi voice over memiliki banyak peluang karier karena dunia digital semakin berkembang pesat. Tak hanya lulusan Broadcasting saja, namun semua orang bisa menekuni dunia ini asalkan memiliki skill mumpuni.

Jika ingin serius menggeluti bidang vo, maka diperlukan penguasaan beberapa skill seperti skill membaca, merekam suara, basic editing, basic mixing, dan basic mastering.

Berapa Gaji Seorang Voice Over?

Umumnya, pekerjaan vo ditentukan berdasarkan rate dari masing-masing individu berdasarkan pengalaman di dunia voice over. Namun bagi pemula tak perlu khawatir karena dalam perkembangan teknologi, media sosial bisa jadi portofolio berharga untuk menunjukkan skill vo.

Jika benar-benar menekuni, bukan tak mungkin nantinya bisa seperti vo andal di Indonesia seperti Bimo Kusumo dan Reni Risti Yanti yang sudah dipercaya banyak brand kenamaan.

Dikutip Wolipop, Reni Risti Yanti pernah bercerita, awal karier sebagai vo dulu dibayar Rp 150-350 ribu per episode atau jika full 30 hari bisa mencapai Rp 7 juta per program. Namun tak jarang, seorang vo juga bisa mendapat bayaran mahal per episode hingga Rp 1,5 juta.

Nah, itulah fakta tentang profesi voice over. Apakah detikers tertarik terjun di dunia voice over?



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia