Majas Metonimia: Pengertian, Ciri, hingga Contohnya

Afifah Rahmah - detikEdu
Senin, 25 Apr 2022 16:00 WIB
Ilustrasi Perpustakaan Keren di Jakarta
Ilustrasi membaca buku di perpustakaan (Foto: Ilustrator: Edi Wahyono)
Jakarta -

Majas merupakan cara penutur mengungkapkan maksud atau menyampaikan sesuatu dengan sesuatu yang lain (kiasan). Dalam studi bahasa Indonesia, ada berbagai macam majas yang dipergunakan, salah satunya yaitu majas metonimia.

Dalam Modul Analisis Unsur Pembangun Puisi yang disusun oleh Sutji Harijanti (2020), majas disebut juga sebagai bahasa figuratif. Dalam karya sastra seperti halnya puisi, majas digunakan penyair untuk mengungkapkan sesuatu dengan cara berbeda yaitu memakai kata-kata bermakna kiasan atau lambang tertentu.

Gaya bahasa yang dengan bahasa figuratif dapat menimbulkan banyak makna, efek hingga konotasi tertentu. Beberapa majas yang perlu diketahui diantaranya yaitu majas metafora, majas ironi, majas pleonasme, dan majas metonimia.

Nah, kali ini kita akan membahas secara mendalam mulai dari pengertian, ciri-ciri beserta contoh majas metonimia yang perlu detikers pahami. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!


Pengertian Majas Metonimia

Majas dalam puisi menjadi sarana pemadatan atau pemusatan ekspresi. Masih dari sumber yang sama, majas metonimia adalah penyebutan ciri atau nama merek atau brand yang berkaitan dengan suatu benda sebagai pengganti.

Sementara dikutip dari Buku Pintar Majas, Pantun dan Puisi karya Ulin Nuha Masruchin (2017), pengertian majas metonimia adalah gaya bahasa yang sering menyebutkan ciri khas atau nama merek dari suatu benda untuk menggantikan penyebutan benda tersebut.


Ciri-ciri Majas Metonimia

Agar dapat memahami lebih jelas, berikut ini ciri-ciri majas metonimia yang perlu kamu ketahui sehingga lebih mudah membedakan dengan jenis majas lainnya.

Gaya bahasa yang memakai kata-kata tertentu misalnya merek barang, ciri khas, label, jenis, dan lainnya yang digunakan sebagai pengganti nama suatu barang atau benda.

Terdapat hubungan atau keterkaitan antara kata benda dengan nama penggantinya, biasanya kata pengganti tersebut merupakan label yang sudah diakui masyarakat

Terdapat hubungan bersifat keterpautan atau kontiguitas yakni kausal, spasial dan temporal


Contoh Majas Metonimia

Sudah kita pahami bersama, metonimia merupakan penggunaan nama pengganti suatu benda berupa ciri khas, atribut, atau merek barang yang dikehendaki penulis atau penuturnya.

Contoh majas metonimia yaitu sebagai berikut:

  • Pak Anton berangkat ke kantor dengan Bata. (Bata merupakan merek sepatu)
  • Ayah Menikmati Kapal Api di setiap pagi dan sore hari. (Kapal Api merupakan merek kopi lokal)
  • Rani terbang dengan Garuda untuk pergi ke Bali. (Garuda merupakan nama maskapai)
  • Sejak kecil, Dona dikenal sebagai anak kutu buku di sekolahnya. (Kutu buku artinya suka membaca)
  • Randi sering pergi mengendarai Supra yang dibelikan Ayahnya. (Supra merupakan jenis sepeda motor)

Demikian pengertian, ciri-ciri, dan contoh majas yang seringkali dalam bentuk lisan maupun tulisan oleh penulis dalam membuat suatu karya seperti puisi, cerpen, sajak, dan lainnya.



Simak Video "Istilah PPKM Berganti-ganti, Pimpinan Komisi IX: Bentuk Inkonsistensi!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia