Mengenal Caregiver, Profesi Bergaji Tinggi yang Jarang Dilirik

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 20 Apr 2022 12:00 WIB
Senior woman and caregiver
Foto: Getty Images/Mengenal Caregiver, Profesi Bergaji Tinggi yang Jarang Dilirik
Jakarta -

Pernah mendengar profesi caregiver? Nyatanya, di Indonesia memang masih banyak yang belum mengenal profesi ini. Padahal profesi caregiver cukup menjanjikan terlebih jika bekerja di luar negeri.

Caregiver merupakan pekerjaan yang lebih dikhususkan pada orang yang mendampingi dan membantu aktivitas sehari-hari para lanjut usia (lansia), mengutip akun instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud RI.

Profesi ini muncul salah satunya karena tuntutan hidup yang semakin tinggi, sehingga membuat budaya dalam berkeluarga turut bergeser, terutama untuk orang-orang yang tinggal di perkotaan.

Mereka yang memiliki kesibukan tinggi namun tetap ingin orang tuanya dalam perawatan dan pengawasan yang baik akhirnya memilih untuk mempekerjakan perawat khusus lansia atau caregiver.


Tugas Utama Profesi Caregiver


Secara umum, tugas caregiver adalah mempersiapkan makanan, menyuapi, memakaikan baju, memindahkan dari tempat tidur ke kursi roda dan sebagainya. Hal ini bergantung pada kondisi kesehatan lansia yang dirawatnya.

Selain itu, pekerjaan ini juga memerlukan modal paling utama yakni kewajiban moral, kesabaran, pengertian, sehingga bisa memperlakukannya seperti keluarga sendiri.

Di luar negeri seperti di Australia misalnya, untuk menjadi perawat lansia dibutuhkan pendidikan formal. Contohnya kursus Certificate III di bidang perawatan lansia selama enam bulan.


Peluang Menjanjikan di Luar Negeri

Meski di Indonesia profesi caregiver kurang begitu dikenal namun di luar negeri banyak dibutuhkan. Salah satunya di Jepang, di mana kebutuhan caregiver mencapai 500 orang setiap tahunnya.

Saking banyaknya, kebutuhan itu sulit dipenuhi dari pasar tenaga kerja di dalam negeri, apalagi Jepang sendiri memiliki populasi lanjut usia yang sangat besar (penduduk usia di atas 100 tahun jumlahnya sudah mencapai 15.000).

Oleh karena itu, mereka banyak mendatangkan tenaga caregiver dari luar Jepang, termasuk dari Indonesia.

Tak jauh berbeda, profesi caregiver di pasar kerja Australia juga menjanjikan. Di sana bahkan menyediakan beberapa kursus perawat lansia baik offline maupun online.

Soal gaji tidak tanggung-tanggung, situs pencari kerja ternama di Australia mencatat rata-rata gaji perawat lansia atau caregiver tingkat pemula adalah sebesar $52.368 atau lebih dari Rp 530 juta per tahun.

Jadi bagaimana detikers? Tertarik dengan profesi caregiver yang menjanjikan?



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia