Mutiara Ramadan Nasaruddin Umar: Rahasia Nabi Jadi Orang Terpercaya

Mutiara Ramadan Nasaruddin Umar: Rahasia Nabi Jadi Orang Terpercaya

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 18 Apr 2022 19:45 WIB
Jakarta -

Al Amin yang bermakna orang yang terpercaya merupakan gelar Nabi Muhammad SAW dari suku Quraisy. Bahkan, gelar tersebut didapatnya sebelum beliau diangkat menjadi seorang nabi.

"(Hidup Rasulullah SAW) tidak pernah macam-macam. Jalan hidupnya datar dan tidak zigzag maupun fluktuatif, itu yang disebut dengan jalan hidup siratal mustaqim (jalan yang lurus)," kata Prof Nasaruddin Umar melalui Mutiara Ramadan detikcom yang tayang pada Senin (18/4/2022).

Bagaimana rahasia seorang Nabi Muhammad SAW agar mendapat kepercayaan tersebut?

Imam besar Masjid Istiqlal ini kemudian mengisahkan awal mula Nabi Muhammad diberi gelar Al Amin. Saat itu, ada sebuah perselisihan di antara golongan dari suku Quraisy terkait orang yang lebih berhak memindahkan Hajar Aswad ke Ka'bah.

Golongan yang berselisih itu di antaranya ada pemilik modal, raja, panglima angkatan perang, dan arsitek. Keempatnya merasa paling berhak atas pemimindahan Hajar Aswad tersebut.

Perselisihan pun masih belum berujung, keempat golongan itu akhirnya sepakat memilih pihak luar yang akan memutuskan orang yang paling berhak di antara mereka. "Siapa yang paling pertama masuk di Masjidil Haram, dia yang memutuskan perkara," tutur Prof Nasarudin mengisahkan perkataan empat golongan yang berselisih itu.

Hingga pada akhirnya, datang sosok pemuda yang masuk ke Masjidil Haram. Pemuda tersebut ternyata adalah Nabi Muhammad SAW.

Setelah memahami permasalahan yang ada, Nabi Muhammad pun kemudian membuka sorban segiempat yang dikenakannya. Beliau kemudian meletakkan Hajar Aswad di atas sorbannya dan menyarankan mereka untuk mengangkatnya bersama-sama dengan sorban miliknya.

Kisah inilah yang kemudian membuat orang-orang suku Quraisy menjulukinya Al Amin atau orang yang terpercaya. Meneladani sifat Nabi Muhammad SAW ini juga ternyata merupakan kriteria orang yang tepat untuk naik jabatan dalam pekerjaan.

Hal itu sebagaimana disebut dalam surat Al Qasas ayat 26 yang menceritakan sifat tangguh dan dapat dipercaya oleh Nabi Musa AS. Berikut bunyinya,

قَالَتْ إِحْدَاهُمَا يَا أَبَتِ اسْتَأْجِرْهُ ۖ إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الْأَمِينُ

Artinya: "Dan salah seorang dari kedua (perempuan) itu berkata, 'Wahai ayahku! Jadikanlah dia sebagai pekerja (pada kita), sesungguhnya orang yang paling baik yang engkau ambil sebagai pekerja (pada kita) ialah orang yang kuat dan dapat dipercaya.'"

Selengkapnya tentang bagaimana menjadi sosok pekerja yang tangguh dan dapat dipercaya dapat ditonton melalui Mutiara Ramadan Prof Nasaruddin Umar: Orang yang Terpercaya DI SINI, ya!

(rah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia