Tidak Cuma Satu, Kenali 9 Tipe Kecerdasan Manusia

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 08 Mar 2022 14:46 WIB
Ilustrasi Wanita Cerdas
Ilustrasi orang cerdas. Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Tipe kecerdasan diri manusia tidak hanya satu. Menurut peneliti dan dosen Kognisi dan Pendidikan Sekolah Pascasarjana Pendidikan Harvard University Howard Gardner dan Elisabeth Hobbs mengungkapkan ada istilah Kecerdasan Majemuk atau Multiple Intelligence melalui penelitiannya.

Dengan mengenal tipe kecerdasan akan membantu menggali potensi diri sendiri dan lebih mudah mengetahui metode kecerdasan. Menurut Howard dan Elisabeth, tidak ada orang yang tidak cerdas, dan dari 9 kecerdasan tersebut tidak ada yang lebih unggul dari kecerdasan lainnya.

Awalnya Howard dan Elisabeth menjelaskan ada 6 kecerdasan manusia namun berkembang seiring dengan penelitian mereka.

Berdasarkan situs Northern Illinous University (NIU) dan akun Instagram Kemendikbud berikut adalah 9 tipe kecerdasan manusia:

Tipe Kecerdasan Manusia

1. Verbal-Lingustik

Kecerdasan ini berhubungan dengan linguistik seperti kata-kata baik secara lisan maupun tertulis dengan aturan-aturannya. Orang yang memiliki kecerdasan ini memiliki sensitivitas yang baik terhadap suara, makna, dan ritme kata-kata.

2. Logika Matematika

Kecerdasan logika matematika adalah kemampuan mengolah angka dan logika. Orang yang cerdas logika dan matematika akan memiliki kemampuan berpikir secara konseptual dan memiliki kapasitas untuk membedah pola numerik dan logika.

3. Spasial

Tipe kecerdasan spasial yaitu kemampuan mengenali warna, arah dan ruang secara akurat serta mengubah penangkapannya ke dalam bentuk lain seperti dekorasi, arsitektur, lukisan, dan patung.

Orang yang memiliki kecerdasan visual mampu berpikir dalam rupa gambar dan foto untuk memvisualisasikan pikirannya secara abstrak dan akurat.

4. Gerak Kinestetik

Kecerdasan gerak kinestetik adalah kemampuan menggerakkan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan. Kemampuan ini juga memiliki keterampilan dalam menggunakan tangan dalam mencipta atau mengubah sesuatu.

Orang dengan kecerdasan gerak-kinestetik mampu mengontrol gerak tubuh untuk mengatasi sebuah objek dengan baik, misalnya pemain bola mengendalikan bolanya.

5. Musikal

Kecerdasan musikal tentu saja berhubungan dengan bunyi-bunyian, membedakan, menggubah, dan mengekspresikan diri dengan nada dan irama. Orang dengan kecerdasan musikal dapat memproduksi ritme, pitch, dan timbre.

6. Intrapersonal

Intrapersonal termasuk dalam kecerdasan yaitu berhubungan dengan perasaan hidup, emosi, dapat membedakan ragam emosi, menandainya, dan menggunakan serta memahami tingkah laku sendiri.

Orang dengan kecerdasan ini dapat mengolah mood, motivasi, dan keinginannya dengan baik.

7. Interpersonal

Interpersonal adalah hubungan dengan orang lain. Kecerdasan ini berarti kemampuan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain seperti berempati, mengorganisasi kelompok, berteman, dan bersosialisasi. Orang dengan kecerdasan interpersonal punya self-awareness dan mendengarkan inner feeling, nilai diri, keyakinan, dan proses berpikir.

8. Naturalis

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan mengenali dan mengkategorikan flora dan fauna. Tipe kecerdasan ini berhubungan dengan alam dan lingkungan.

9. Eksistensial

Tipe kecerdasan eksistensial berhubungan dengan bagaimana cara seseorang untuk menempatkan diri dalam lingkup kosmos, memaknai hidup, memaknai kematian, memahami nasib dunia jasmani dan kejiwaan, dan memaknai pengalaman mendalam seperti cinta atau kesenian.

Biasanya mereka memiliki sensitivitas dan kapasitas dalam menjawab pertanyaan tentang kehidupan seperti "Apa arti hidup? Mengapa kita mati? Mengapa kita ada" dan hal-hal filsafat lainnya.

Nah sudahkah detikers mengenali tipe kecerdasan kalian? Bisa dicoba mulai sekarang ya!



Simak Video "Saat Kotoran Manusia Disulap Jadi Energi Terbarukan dan Pupuk"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia