detikKultum Ustaz Das'ad Latif: 3 Penyakit Hati yang Harus Dihindari

Anisa Rizki - detikEdu
Senin, 11 Apr 2022 17:29 WIB
Jakarta -

Penyakit hati dalam Islam, merupakan sifat buruk atau tingkah laku tercela yang dimiliki oleh seseorang. Mereka yang memiliki penyakit hati, kehadirannya akan menjadi penderitaan buat orang lain.

Sebaliknya, orang dengan hati yang sehat akan menguntungkan orang-orang di sekelilingnya. Bagaimana tidak? Hati yang sehat akan mempengaruhi seseorang dalam berperilaku sehari hari.

Hal ini sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Ingatlah, dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging. Kalau segumpal daging itu baik, maka akan baiklah seluruh tubuhnya. Tetapi, bila rusak, niscaya akan rusak pula seluruh tubuhnya. Segumpal daging itu bernama qolbu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Artinya, penentu baik atau tidaknya sifat seseorang bergantung pada kesehatan hatinya.

"Dalam kitab Ihya Ulumuddin, Al-Ghazali menjelaskan beberapa jenis penyakit hati, tapi yang paling banyak diantara kita menganggap enteng salat." ujar Ustaz Das'ad Latif dalam detikKultum detikcom, Senin (11/04/2022).

Penyakit hati yang pertama yaitu menganggap enteng salat. Ustaz Das'ad Latif menjelaskan, ketika seseorang menanggap enteng ibadah wajib salat lima waktu, itu berearti setan telah berhasil menggodanya.

Padahal, salat merupakan puncak dari semua ibadah. Selain itu, salat adalah puncak pengabdian kepada Allah SWT.

Lalu penyakit hati yang selanjutnya ada sombong. Sombong itu tidak selalu soal pakaian mahal dan barang mewah.

Terdapat dua karakter orang sombong, yaitu menganggap remeh orang lain dan menolak kebenaran. Ustaz Das'ad Latif mengatakan, apabila pakaian kita sederhana namun kita memiliki dua karakter tersebut, maka kita sudah menjadi pribadi yang sombong.

Selanjutnya penyakit hati yang terakhir yaitu ghibah. Ghibah sama artinya dengan menggunjing.

Terlebih di era modern sekarang ini, jauh lebih gampang menggunjing karena adanya media sosial. Membicarakan kejelekan orang lain meskipun benar itu termasuk ghibah, kalau apa yang dibicarakan tidak benar itu namanya fitnah.

"Mari sehatkan hati anda dengan cara menghindari penyakit hati." tutup Ustaz Das'ad Latif.

Tonton DI SINI untuk mendengar penjelasan yang lebih lengkap dari Ustaz Das'ad Latif dalam detikKultum detikcom.

(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia