Sempat Dicuri, Ini Isi Buku Catatan Charles Darwin

Nikita Rosa - detikEdu
Sabtu, 09 Apr 2022 18:30 WIB
Menyingkap tabir misteri mengerikan yang menghantui Charles Darwin, yang dikhawatirkan rontokkan teori evolusi
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Charles Darwin adalah seorang biologis asal Inggris yang melegenda. Ia merupakan Bapak Teori Evolusi yang sering kita pelajari di sekolah.

Catatan perjalanan Darwin ditulis dalam buku catatan dengan logo B dan C. Ada kisah unik dari buku catatan ini.

20 tahun yang lalu, dua buku catatan Darwin menghilang dari Perpustakaan Universitas Cambridge. Para pustakawan berasumsi bahwa buku catatan itu terselip. Sehingga mereka melakukan pencarian selama dua dekade di ruang Koleksi Khusus.

Setelah melakukan penelusuran dan pemeriksaan sidik jari, para pustakawan dan ahli sepakat bahwa buku catatan Darwin telah dicuri. Perpustakaan Universitas Cambridge langsung meluncurkan pengumuman publik untuk mengembalikan buku catatan legendaris itu sekitar November 2020.

Kepolisian Cambridgeshire dan Interpol kemudian menetapkan buku catatan tersebut di daftar Karya Seni Curian. Usaha pencarian pun terbayar.

Sebuah tas merah muda muncul di luar Perpustakaan Universitas Cambridge pada Maret 2022. Di dalamnya, terdapat amplop cokelat polos dengan tulisan "Pustakawan: Selamat Paskah" berisi kedua buku catatan Darwin.

Untuk merayakan kembalinya buku catatan Charles Darwin, Perpustakaan Universitas Cambridge akan menampilkan kedua buku catatan tersebut dalam pameran 'Darwin in Conversation' pada 9 Juli 2022 mendatang.

Apa Isi Buku Catatan Charles Darwin?

Pada abad ke 18, Darwin melakukan ekspedisi ke Amerika Selatan dan menuliskan penemuannya pada buku catatannya. Buku catatan ini dikenal dengan buku catatan B dan C.

Selain temuan, ia juga membuat sketsa Pohon Kehidupan. Pohon Kehidupan merupakan model yang digunakan untuk mengeksplorasi evolusi kehidupan dan menggambarkan hubungan antara organisme, baik yang hidup maupun yang punah.

Buku catatan ini merupakan sumber penting dari ilmu biologi yang kita pelajari sekarang ini. Dilansir dari Ars Technica, buku ini bisa mencapai harga jutaan poundsterling Inggris.

Tertarik untuk membaca buku catatan Charles Darwin, detikers?



Simak Video "Wujud Buku Catatan Charles Darwin yang Akhirnya Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia