Alhamdulillah, 4 Provinsi Ini Terima Sembako Ramadan dari Yayasan Raja Salman

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 30 Mar 2022 19:00 WIB
Ilustrasi Ramadhan atau buka puasa
Ilustrasi Ramadan 2022. Foto: Getty Images/iStockphoto/Muratani
Jakarta -

Yayasan filantropi milik Raja Salman dari Arab Saudi King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief) menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk menyalurkan 7.432 bantuan selama Ramadan. Bantuan tersebut telah diterima BAZNAS di Kantor Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Ribuan paket bantuan Ramadan berupa bahan pangan pokok tersebut disalurkan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat kurang mampu selama Ramadan. Sebab itu, BAZNAS menargetkan warga miskin di 4 provinsi di Indonesia sebagai sasaran bantuan.

"King Salman Humanitarian Aid and Relief Center menyalurkan sebanyak 7.432 paket bantuan, yang akan didistribusikan kepada warga miskin di 4 provinsi di Indonesia, yakni Aceh (1.512 paket), Banten (2.708 paket), DKI Jakarta (1.512), dan Jawa Barat (1.700 paket)," bunyi keterangan tertulis dari BAZNAS yang diterima detikEdu, Rabu (30/3/2022).

Pimpinan BAZNAS Achmad Sudrajat mengklaim, penyaluran bantuan tersebut akan dilakukan secara transparan, akuntabel, dan tepat sasaran bagi orang yang benar-benar membutuhkan. Ia juga menyebut, pihaknya memiliki database hingga tim surveyor yang akan memastikan hal tersebut.

"Melalui jaringan yang dimiliki BAZNAS mulai dari pusat, hingga tingkat provinsi dan kabupaten atau kota, BAZNAS memiliki database dan tim surveyor di lapangan, agar memastikan penerima bantuan benar-benar keluarga kurang mampu yang sangat perlu ditolong," kata Achmad.

Di samping itu, Achmad juga mengucapkan rasa terima kasih pada Yayasan KSRelief sebagai pihak pemberi bantuan. Sekaligus, pihak yang memilih BAZNAS sebagai lembaga penyalur bantuan.

"Tentu ini menjadi momentum baik dan tanda bahwa BAZNAS mendapat kepercayaan dari dunia internasional. Selama ini BAZNAS selalu berpegang teguh dalam menjaga kepercayaan dan amanah yang diberikan. Alhamdulillah kami bisa menjaga hal itu dengan baik," terang dia.

Melalui kerja sama dengan Yayasan KSRelief ini, Achmad berharap untuk terus berkolaborasi dengan KS Relief dalam berbagai bidang. Baik bidang ekonomi, pendidikan, dakwah, sosial hingga kemanusiaan.

Melalui kesempatan yang sama, Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi menyebut, bantuan ini merupakan salah satu dari puluhan project yang memang diselenggarakan pemerintah Arab Saudi. Khususnya, dalam rangka meringankan penderitaan penduduk di dunia.

"Sejak awal didirikan, Saudi Arabia selalu berada di paling depan untuk filantropi keislaman dan juga membantu kaum muslimin di seluruh dunia dan tentu juga kemanusiaan tanpa ada sekat-sekat batas keagamaan," kata Syekh Essam.

Selain itu, bantuan Ramadan ini juga merupakan bentuk Yayasan KSRelife yang seirama dengan tujuan SDGs nomor 2 yakni, mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, dan memperbaiki nutrisi. Tujuan ini pula sejalan dengan prioritas pembangunan Indonesia yang termaktub ke dalam prioritas ketahanan pangan.



Simak Video "Pedagang-Pembeli di Pasar Benhil Keluhkan Harga Gula Pasir Jelang Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia