Sah! Masjid Keenam Milik WNI Resmi Berdiri di Los Angeles

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 29 Mar 2022 15:00 WIB
Peresmian Masjid At Thohir di Los Angeles
Peresmian Masjid At Thohir di Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu (27/3/2022). (Instagram Dubes RI di AS @rosanroeslani)
Jakarta -

Keluarga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendirikan masjid di Los Angeles (LA), Amerika Serikat (AS) dengan nama Masjid At Thohir. Masjid ini secara resmi berdiri pada Minggu (27/3/2022).

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan P Roeslani menyebut, berdirinya Masjid At Thohir ini menjadi masjid ke-6 yang dimiliki dan dikelola oleh Warga Negara Indonesia (WNI) muslim di Amerika Serikat.

"Semoga masjid yang menjadi impian masyarakat muslim Indonesia di Los Angeles ini dapat menjadi sarana mempererat silaturahmi," kata Rosan saat menghadiri peresmian tersebut, dikutip dari akun resmi Instagram-nya, Selasa (29/3/2022).

Peresmian Masjid At Thohir di Los AngelesDubes RI di AS Rosan P Roeslani dalam peresmian Masjid At Thohir di Los Angeles (Foto: Instagram Dubes RI di AS @rosanroeslani)

Mantan Presiden Komisaris PT Bumi Resources Tbk (BUMI) ini juga berharap, pendirian Masjid At Thohir yang dapat menampung jamaah hingga 250 orang tersebut dapat melambangkan toleransi bagi kalangan WNI muslim di AS.

"Saya berharap masyarakat muslim Indonesia di AS akan terus berkembang dan keberadaan masjid ini dapat memberikan gambaran masyarakat muslim Indonesia yang damai, sejuk, bertoleransi tinggi dan penuh kasih sayang," tutur dia.

Mengutip Antara, Garibaldi Thohir, kakak kandung Menteri BUMN Erick Thohi dalam peresmian masjid tersebut menceritakan awal mula berdirinya Masjid At Thohir pada 2015 lalu.

Peresmian Masjid At Thohir di Los AngelesPeresmian Masjid At Thohir di Los Angeles Foto: Instagram Dubes RI di AS @rosanroeslani

Pria yang kerap disapa Boy Thohir tersebut mengatakan, ayahnya, almarhum H Mochamad Thohir, kerap mengeluh saat hendak salat Jumat tiap dirinya melakukan liburan keluarga di LA. Hal itu pun yang kemudian mendorong keluarga Boy Thohir untuk mendirikan masjid di sana.

Berkat dukungan donasi dari WNI di LA dan juga keluarga Thohir, dibangunlah Masjid At Thohir yang semula hanya berupa bangunan tua sejak 1920. Dengan berdirinya masjid ini, Boy berharap, Masjid At Thohir dapat memakmurkan WNI di LA.

"Masjid ini juga menjadi tanda bakti keluarga Thohir kepada Almarhum Mochamad Thohir," kata Boy.

Turut hadir dalam peresmian Masjid At Thohir di LA di antaranya, Konsul Jenderal Los Angeles Saut Trisnawan, Ketua Indonesia Muslim Foundation Dwirana Satyavat, dan sejumlah masyarakat muslim Indonesia di LA, Amerika Serikat.



Simak Video "2 Polisi Los Angeles Tewas Ditembak"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia