10 Masjid Terbesar di Dunia, Apa Betul Ada yang dari Jakarta?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 02 Mar 2022 06:00 WIB
Hari Istiqlal 22 Februari, Ini Sejarah Singkat Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal, salah satu masjid di Indonesia yang masuk dalam daftar masjid terbesar di dunia. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Beberapa negara memiliki sejumlah masjid dengan daya tampung jamaah yang besar. Termasuk salah satu masjid di Indonesia yang ternyata masuk dalam daftar 10 masjid terbesar di dunia berdasarkan publikasi dari media digital kawasan Timur Tengah UAE Moments.

Di Indonesia sendiri, pemeluk agama Islam telah mencapai 87,18 persen atau 207.176.162 jiwa berdasarkan Data Sensus Penduduk 2010 Badan Pusat Statistik (BPS). Tidak mengherankan bila kebutuhan masjid dengan kapasitas besar juga tinggi di Indonesia.

Adapun daftar 10 masjid dengan kapasitas terbesar di dunia dapat disimak pada pemaparan berikut. Data ini dikumpulkan oleh Tim UAE Moments pada 2019 yang kemudian diperbaharui pada 12 Agustus 2021.

10 Masjid dengan Kapasitas Terbesar di Dunia

1. Masjidil Haram

Masjid terbesar di dunia nomor satu adalah Masjidil Haram. Tidak begitu mengejutkan karena memang masjid ini merupakan tempat suci nomor satu bagi umat muslim, terutama dalam pelaksanaan haji dan umrah.

Keberadaannya pertama kali disebut pada tahun 638 M. Selama itu pula, Masjidil Haram telah mengalami renovasi berkali-kali demi menampung jamaah dalam jumlah sebanyak mungkin.

Luas kompleks Masjidil Haram tercatat hingga mencapai 357 ribu meter persegi. Dengan luasnya ini, Masjidil Haram dapat menampung sekitar 1-2 juta jamaah di dalamnya.

2. Masjid Nabawi

Masjid terbesar yang kedua ini terletak di Kota Madinah dan dikenal dengan nama Masjid Nabi atau Masjid al Nabawi. Sebab, sebagaimana keyakinan umat muslim, Nabi Muhammad SAW sendiri berpartisipasi dalam pembangunan masjid ini.

Masjid Nabawi mulai berdiri sejak tahun 622 M. Makam Nabi Muhammad SAW pun diketahui berada di bawah Kubah Hijau atau Green Dome yang terletak di Masjid Nabawi ini.

Pada hari-hari biasa, Masjid Nabawi dapat menampung sekitar 600 ribu jamaah yang berkunjung. Namun, pada waktu-waktu ziarah makam nabi, masjid ini ternyata dapat menampung hingga 1 juta orang dengan luas 400 ribu meter persegi.

3. Masjid Faisal

Selanjutnya, ada Masjid Faisal yang terletak di Islamabad, Pakistan. Tampilan fisik masjid ini dapat terbilang unik dan berbeda dengan masjid-masjid lainnya, khususnya keunikan ini terlihat dari bangunan yang mirip dengan tenda para pengembara Badu.

Dulunya, desain seperti ini sempat mendapat kritikan dari berbagai pihak. Namun hasilnya, masjid yang memiliki luas 5 ribu meter persegi ini berhasil menduduki posisi ketiga sebagai masjid terbesar di dunia dengan daya tampung hingga 300 ribu jamaah.

4. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal yang terletak di Jakarta Pusat ini dimulai pembangunannya pada tahun 1961 di masa Presiden Sukarno, dan baru diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 22 Februari 1978. Dengan luas wilayah sebesar 10 hektare, masjid ini dapat menampung 120 ribu jamaah dalam waktu yang sama.

5. Masjid Hassan II

Selanjutnya ada Masjid Hassan II yang terletak di Kota Casablanca, Maroko. Masjid ini tidak hanya dikenal karena ukurannya yang besar, namun keindahannya juga dapat diacungi jempol karena berseberangan dengan pemandangan indah Samudera Atlantik.

Luas area Masjid Hasan II sebesar 9 hektare yang dapat menampung 105 ribu jamaah untuk berkunjung. Menariknya, sekitar 800 juta USD (sekitar 11,47 triliun) untuk pembangunan masjid megah ini ternyata berasal dari dana donasi.

6. Imam Reza Mausoleum

Nama masjid ini diambil dari salah satu nama imam besar yang dimakamkan di masjid ini pula yaitu, Imam Reza. Pembangunannya dimulai pada abad ke-13, tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Timurid.

Masjid yang terletak di Kota Masyhad, Iran ini memiliki luas area sebesar 331 ribu meter persegi yang dapat menampung makam, perpustakaan dan museum. Kapasitasnya mencapai hingga 100 ribu jamaah.

7. Masjid Badshahi

Masjid Badshahi terletak di Kota Lahore, Pakistan. Masjid ini menempati urutan ke-7 dalam daftar masjid dengan kapasitas terbesar di dunia.

Diketahui, masjid ini telah dibangun pada pertengahan abad XVII atas perintah pemimpin terakhir Dinasti Mogul Besar. Hasilnya, Masjid Badshahi memiliki kapasitas jamaah hingga 60 ribu orang dalam satu waktu.

8. Masjid Al Saleh

Tempat kedelapan di antara masjid-masjid terbesar di dunia adalah Masjid A Saleh, sebuah masjid yang terletak di Yaman. Penggunaan resminya pertama kali dimulai pada tahun 2008.

Tidak hanya menyediakan tempat ibadah, masjid ini ternyata dapat menampung kelas pendidikan dan beberapa perpustakaan. Di aula utamanya, diketahui bisa dikunjungi oleh sekitar 44 ribu orang.

9. Masjid Sheikh Zayed

Urutan yang ke-9 ada Masjid Sheikh Zayed yang berada di Arab Saudi. Selain dikenal luas, masjid ini juga dikenal indah dan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Kota Abu Dhabi.

Utamanya, masjid ini dikenal indah untuk bagian interior masjid dan corak warna yang digunakan. Luas area yang dimilikinya sebesar 22 ribu meter persegi dan menampung 40 ribu jamaah di dalamnya.

10. Masjid Jami

Terakhir, Masjid Jami atau masjid yang dikenal dengan nama The Holy Mosque of Delhi. Masjid Jami telah berdiri sejak masa pemerintahan Shah Jahan I dari Kerajaan Mughal di India.

Kemudian, selesai dibangun pada tahun 1656 silam dengan besar kapasitas masjidnya mencapai hingga 25 ribu jamaah pada satu waktu.

Dilaporkan dari Majalah TRT World, hasil penelitian dari Pew Research Center menyebut, populasi agama Islam dipastikan unggul pada akhir abad ke-21. "Memang, muslim akan tumbuh lebih dari dua kali lebih cepat dari populasi dunia secara keseluruhan antara 2015-2060," tulis TRT World.

Salah satu faktor yang melatarbelakangi hal ini adalah angka kelahiran rata-rata dari kelompok muslim. Tiap wanita muslim di dunia memiliki rata-rata kelahiran anak sebesar 2,9. Di sisi lain, rata-rata kelahiran anak untuk semua kelompok agama lain yang digabungkan hanya 2,2.

Di samping itu, populasi muslim di dunia juga disebut-sebut sebagai populasi dengan rata-rata termuda di dunia. Hal ini pula menjawab mengapa sebagian negara memiliki masjid dengan kapasitas yang besar.



Simak Video "Detik-detik Masjidil Haram-Nabawi Kembali Jaga Jarak"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia