Kenapa Finlandia Dijuluki Negara Seribu Danau? Begini Penjelasannya

Nikita Rosa Damayanti Waluyo - detikEdu
Kamis, 24 Mar 2022 17:00 WIB
Danau di Karstula, Finlandia.
Danau di Karstula, Finlandia. Kenapa ada banyak danau di Finlandia? Foto: Unsplash/@studioochi
Jakarta -

Finlandia adalah negara yang terletak di Eropa Utara. Menurut World Atlas, dengan populasi 5,5 juta orang, Finlandia memiliki lebih dari 187.000 danau. Nah, ribuan danau inilah yang menjadi alasan Finlandia dijuluki Negara Seribu Danau.

Perbandingan jumlah danau dengan populasi penduduk mengungkapkan, ada satu danau untuk setiap 26 orang Finlandia. Apa penyebab banyaknya danau di Finlandia?

Penyebab Banyak Danau di Finlandia

Dahulu, Finlandia ditutupi gletser atau bongkahan es yang tebal. Akibat perubahan iklim, gletser perlahan mencair. Pencairan ini terjadi selama kurang lebih 10.000 tahun dan kemudian menghasilkan dataran Finlandia yang kita kenal.

Gletser yang mencair juga menciptakan kawah yang diisi dengan air. Kawah-kawah tersebut menjadi danau yang berjumlah kurang lebih 187.000 di penjuru negeri.

Menurut Geography Real, beberapa dari ribuan danau di Finlandia terletak jauh dari pusat kota sehingga sulit untuk mengetahui jumlah pasti danau yang ada. Bentuk danau-danau ini juga masih terus berubah dan berkembang seiring pola drainase dan erosi.

Apa Dampak Banyaknya Danau?

Ribuan danau menjadi sumber daya Finlandia yang melimpah. Air danau dimanfaatkan untuk pengairan di perkebunan maupun pertanian. Berbagai jenis tanaman, hewan, dan industri dapat hidup di Finlandia dengan pengairan dari danau dan menjadi sumber penghasilan warga.

Konsumsi air bersih juga bukan masalah di negara Eropa karena ketersediaan air danau. Meski memiliki sumber air yang melimpah, pemerintah Finlandia secara ketat mengawasi kualitas air. Alhasil, sebanyak 95% penduduk Finlandia memiliki akses ke air bersih. Minum air langsung dari keran jadi hal yang biasa.

Mencairnya gletser di Finlandia berkontribusi besar terhadap pembentukan ribuan danau yang dimiliki saat ini. Tertarik berkunjung ke negara seribu danau, detikers?



Simak Video "Detik-detik Runtuhnya Sebagian Gletser di Argentina"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia