9 Danau Terdalam di Dunia yang Bikin Ngilu, Ada yang sampai 1,6 Km!

Kristina - detikEdu
Minggu, 26 Des 2021 20:30 WIB
Danau Baikal
Foto: (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Mayoritas danau memiliki kedalaman rata-rata sekitar 10 meter. Ukuran tersebut jauh berbeda dari danau terdalam di dunia yang mencapai 1.620 meter.

Danau merupakan genangan air yang amat luas dan dikelilingi daratan. Dalam ilmu geografi, danau diartikan sebagai cekungan yang berisi air tawar dan membentuk sebuah ekosistem. Danau dapat terbentuk secara alami maupun buatan.

Danau Terdalam di Dunia

Ukuran kedalaman danau bervariasi. Danau terdalam diketahui memiliki kedalaman di atas satu kilometer. Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, Minggu (26/12/2021), berikut 9 danau terdalam di dunia:

1. Danau Baikal (1.620 meter)

Danau Baikal menjadi danau terdalam di dunia. Danau yang terletak di Siberia ini menampung lebih dari 20 persen air tawar yang tidak beku di permukaan Bumi. Danau ini juga merupakan danau air tawar tertua di dunia yang diperkirakan berusia 20 juta hingga 25 juta tahun.

Baikal menjadi rumah bagi sejumlah besar spesies hewan dan tumbuhan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Salah satunya adalah anjing laut Baikal (juga disebut nerpa), satu-satunya spesies anjing laut di dunia yang hidup secara eksklusif di habitat air tawar.

2. Danau Tanganyika (1.436 meter)

Danau Tanganyika adalah danau air tawar terbesar dan terdalam kedua di dunia. Danau ini terletak di perbatasan antara Zambia, Burundi, Tanzania, dan Republik Demokratik Kongo.

Tanganyika dikenal sebagai danau yang relatif panjang dan sempit dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Sejak Zaman Batu, kelompok manusia yang berdiam di tepi danau telah mencari makan dengan memancing di danau tersebut.

3. Laut Kaspia (1.025 meter)

Laut Kaspia, yang terletak di antara Pegunungan Kaukasus dan Stepa Asia Tengah, adalah perairan tertutup terbesar di Bumi dan danau garam terbesar di dunia. Danau ini membentang hampir 750 mil (1.200 km) dari utara ke selatan dan memiliki lebar rata-rata sejauh 200 mil (320 km).

Sepertiga utara Kaspia sangat dangkal, dengan kedalaman rata-rata sekitar 20 kaki (6 meter). Tapi sepertiga paling selatan memiliki kedalaman rata-rata sekitar 1.000 kaki (300 meter). Laut Kaspia menyimpan potensi berharga bagi masyarakat. Sejumlah besar minyak dan gas alam juga diekstraksi dari dasar laut Kaspia melalui rig lepas pantai.

4. Danau Vostok (900 meter)

Danau Vostok yang terletak di Antartika ini merupakan danau yang unik di antara danau-danau lainnya. Danau ini terkubur di bawah hampir 4 km es yang menjadikannya sebagai subglasial terbesar yang pernah diketahui.

Sejak tahun 1970-an, para ilmuwan telah mencurigai adanya sejumlah besar air tawar yang terperangkap di bawah es di situs tersebut, tetapi baru pada tahun 1996 para peneliti Inggris dan Rusia dapat memberikan pengukuran yang tepat dengan menggunakan radar penembus es.

5. Danau O'Higgins/San Martin (836 meter)

Di wilayah perbatasan Argentina dan Chili tepatnya di daerah Andes Petagonian terdapat sebuah danau yang memiliki kedalaman 836 meter. Danau itu disebut O'Higgins di Chili dan San Martín di Argentina. Meskipun tidak cukup populer, danau ini diketahui memiliki warna yang indah.

6. Danau Nyasa (706 meter)

Danau Nyasa adalah danau yang panjang dan tipis, membentang lebih dari 350 mil (560 km) di sepanjang perbatasan antara Mozambik, Tanzania, dan Malawi (di mana biasanya dikenal sebagai Danau Malawi).

Danau Nyasa memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang luar biasa tinggi. Tercatat, sebanyak 1.000 spesies ikan menghuni danau tersebut. Artinya, sebanyak 15 persen dari semua spesies ikan air tawar di Bumi berada di danau Nyasa.

7. Danau Ysyk (668 meter)

Danau terdalam di dunia lainnya adalah danau Ysyk. Danau ini terletak di ketinggian 5.270 kaki (1.606 meter) di pegunungan Tien Shan di Kirgistan. Nama danau Kirgistan, Ysyk-köl, berarti "Danau Panas", karena tidak pernah membeku, meskipun suhu musim dingin di daerah tersebut secara teratur mencapai 15 °F (−26 °C)

8. Danau Great Slave (614 meter)

Selanjutnya adalah danau Great Slave yang terletak di Wilayah Barat Laut Kanada. Danau ini merupakan danau terdalam di Amerika Utara dan danau terbesar kedua di Kanada. Nama danau ini diambil menurut sekelompok orang India berbahasa Athabascan. Iklim utara yang keras menjadikan daerah sekitar danau sangat jarang penduduknya.

9. Danau Crater (592 meter)

Danau Crater, yang terletak di Cascade Range di Oregon, adalah danau terdalam di Amerika Serikat. Danau ini terbentuk sekitar 7.700 tahun yang lalu ketika gunung berapi besar yang disebut Gunung Mazama runtuh setelah meletus. Danau ini menyuguhkan air yang jernih berwarna biru dan sedikit menyimpan sedimen.



Simak Video "Keindahan Pura Ulundanu Beratan yang Jadi Tempat Ibadah"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia