5 Laut Ini Sebenarnya Danau, tapi Kenapa Disebut Laut?

Trisna Wulandari - detikEdu
Minggu, 26 Des 2021 11:30 WIB
View to Baku from birds eye
Laut Kaspia yang sebenarnya adalah danau. Jadi, kenapa dinamakan laut? Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa danau tertulis sebagai laut di peta. Penamaan ini juga digunakan oleh orang-orang setempat. Jadi, apakah ada laut yang sebenarnya danau?

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Amerika Serikat, laut adalah bagian perairan yang sebagian berbatasan dengan daratan, serta punya luas lebih kecil dari samudra. Sementara itu, danau adalah perairan yang seluruh bagiannya berbatasan dengan daratan, seperti dikutip dari World Atlas.

Namun, ada beberapa danau yang dinamai sebagai laut. Berikut daftar danau bernama 'laut' dan penyebabnya.

5 Laut yang Sebenarnya Danau

Laut Aral

Laut Aral terletak di dekat utara Uzbekistan dan selatan Kazakhstan. Meskipun dinamai sebagai laut, Laut Aral sebetulnya adalah danau di cekungan endorheik. Cekungan dengan saluran tertutup ini membuat air tidak bisa mengalir ke saluran lain seperti sungai atau laut. Alhasil, jadilah danau 'Laut' Aral.

Pemberian nama 'laut' pada Laut Aral bermula dari adanya kepulauan di dalam danau tersebut di zaman lalu. Secara harafiah, 'aral' dalam bahasa Turki berarti kepulauan. Jadi, danau Laut Aral diibaratkan sebagai laut bagi kepulauan kecil di dalamnya.

Laut Kaspia

Laut Kaspia juga terletak di cekungan endorheik seperti Laut Aral. Namun, penamaan 'Laut' pada Laut Kaspia diduga terbentuk oleh masyarakat setempat karena airnya yang asin.

Di samping itu, penamaan 'laut' juga diduga timbul karena Laut Kaspia merupakan danau terbesar di dunia. Sisi-sisi danau seluas 371.000 km persegi ini berbatasan langsung dengan 5 negara, yaitu Iran, Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan, dan Turkmenistan.

Laut Mati

Laut Mati juga merupakan danau air asin seperti Laut Kaspia. Danau di antara Israel dan Yordania ini punya salinitas atau kadar keasinan 9,6 kali lebih asin dari lautan di dunia. Karena hewan dan tumbuhan tidak bisa hidup di perairan seasin ini, danau ini jadi dinamai 'Laut Mati'.

Laut Salton

Seperti namanya, Laut Salton juga berair asin. Danau dangkal ini merupakan danau retakan endorheik dari aliran sungai, anak sungai, sistem drainase, sampai limpasan pertanian. Sayangnya, polusi udara, emisi pabrik, dan pestisida dari operasi perusahaan dan kegiatan masyarakat membuat danau dan udara di sekitarnya beracun untuk manusia, seperti dikutip dari The Guardian.

Laut Galilee

Laut Galilee merupakan satu-satunya danau di artikel ini yang tidak berair asin. Danau air tawar di Israel ini disebut sebagai laut karena kebiasaan pengucapan orang setempat saja.

Laut Galilee adalah danau air tawar paling rendah di dunia, dengan permukaan sekitar 214 meter di bawah permukaan laut. Sungai Yordania merupakan sumber air utama di danau ini.

Nah, itu dia lima laut yang sebenarnya adalah danau. Semoga detikers tidak ragu lagi apakah 'laut' di atas merupakan danau atau laut sungguhan, ya!



Simak Video "Rusia Blokir Pelabuhan Ukraina, 70 Kapal Gagal Antar Barang Ekspor"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia