Hari Air Sedunia: Sejarah dan Negara dengan Air Terbersih

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Selasa, 22 Mar 2022 18:00 WIB
pertemuan Sungai Rhone dan Arve di Jenewa, Swiss.
Foto: (iStock)
Jakarta -

Hari Air Sedunia jatuh pada tanggal 22 Maret setiap tahun. Ini adalah upaya observasi Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) dalam merayakan dan meningkatkan kesadaran pada akses air.

Terhitung 2 miliar orang hidup tanpa akses air bersih. Bahkan World Health Organization (WHO) mencatat 1 dari 4 orang kekurangan air minum yang layak.

Kurangnya akses air bersih mendorong PBB untuk menetapkan hari air sedunia pada 1993 sebagai peringatan akan peningkatan akses air bersih. Menurut sejarahnya gagasan World Water Day yang dimulai tahun 1992, saat itu PBB mengadakan konferensi tentang Lingkungan dan Pembangunan di Rio de Janeiro.

Tema Hari Air Sedunia 2022 adalah "Air Tanah, Membuat yang Tak Terlihat Menjadi Terlihat". Sehingga fokus utama Hari Air Sedunia adalah untuk menginspirasi tindakan menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 6: air dan sanitasi untuk semua pada tahun 2030.

Ternyata, ada negara-negara yang diberkahi dengan sumber daya air melimpah, pemerintah yang berdedikasi, dana, dan infrastruktur untuk menyediakan air bersih bagi warganya.

Dalam rangka Hari Air Sedunia yuk kita simak 5 negara dengan air terbersih di dunia dari Environmental Performance Index Universitas Yale:

1. Finlandia

Finlandia kaya akan air permukaan, dengan total 187.888 danau dan kolam yang lebih besar dari 500 meter persegi, dan sungai dengan panjang total 25.000 kilometer. Dilansir dari European Environment Agency, hampir sepersepuluh dari luas daratan negara ini ditutupi oleh air.

Menurut Borgen Project, dulunya Finlandia memiliki kualitas air yang buruk hingga dijuluki 'ugly water'. Namun berkat usaha pemerintah dan infrastruktur yang memadai, tingkat pencemaran air di Finlandia menurun. Hingga sekarang Finlandia menjadi negara dengan air terbersih di dunia.


2. Islandia

Islandia sangat patuh pada UU Pengelolaan Air yang mereka punya untuk memberikan perlindungan bagi air dan ekosistem. Undang-undang ini bertujuan memberikan penilaian terhadap badan pengelolaan air dan menetapkan pengelolaan sumber daya air yang rapi.

Dilansir dari laman Pemerintah Islandia, aturan ini diterapkan agar air di Islandia bisa digunakan generasi selanjutnya. Berkat kepatuhan Islandia, lebih dari 95% air minumnya adalah air tanah yang tidak perlu diolah lagi.



3. Belanda

Kualitas air di Belanda terus meningkat melalui sistem air yang berkelanjutan. Belanda memiliki kebijakan pengendalian pencemaran air yang berfokus pada prinsip pencemar membayar biaya rugi untuk membantu menjaga kualitas air negara.

Ibu kota Belanda, Amsterdam memiliki kualitas air tertinggi di negara dan air keran teraman di Eropa. Perusahaan air Belanda menggunakan teknologi canggih untuk mengubah air permukaan menjadi air murni yang dapat diminum tanpa klorin atau fluorida. Tinggal bawa gelas ke keran dan air bisa langsung diminum.



4. Norwegia

Norwegia telah membuat langkah signifikan pada kualitas air dalam 20 hingga 30 tahun terakhir. Seperti Amerika Serikat, awalnya Norwegia memiliki infrastruktur air yang buruk.

Tapi sejak tahun 2001, Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia dan pemasok air telah membuat terobosan dalam meningkatkan kualitas air di negara tersebut. Menurut Norwegian Institute of Public Health, kini 92% penduduk Norwegia memiliki akses pada air bersih.

5. Swiss

Swiss sering kali disebut sebagai negara dengan kualitas air keran terbaik di dunia. Berkat lokasi geografis yang strategis dan aturan air yang ketat, Swiss memiliki pasokan air yang melimpah.

Sebanyak 80% air minum berasal dari mata air alami dan air tanah. Menurut data World Bank, pada 2017 Swiss memiliki akses air bersih sebanyak 95,46%!

Itulah 5 negara dengan air terbersih di dunia. Mari kita jaga kualitas air untuk generasi selanjutnya. Selamat Hari Air Sedunia, detikers!



Simak Video "Susi Air Kecelakaan di Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia