15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, Siswa Harus Tahu Sejarahnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 15 Okt 2021 12:57 WIB
Jakarta - 15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia adalah sebuah kampanye global untuk meningkatkan kesadaran pentingnya usaha pencegahan. Cuci tangan terbukti efektif menjaga kebersihan.

Dengan kebersihan yang baik, infeksi bakteri dan patogen lain bisa dicegah sehingga tubuh tetap sehat. Hari cuci tangan pakai sabun sedunia ini lahir bukan karena adanya virus corona.

Simak sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia yang dikutip dari laman Provinsi Kepulauan Riau:

A. 15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, mengapa?

15 Oktober hari apa? Jawabannya adalah Hari Cuci Tangan Sedunia. Hari Cuci Tangan Sedunia pada awalnya diprakarsai oleh Kemitraan Cuci Tangan Global (Global Handwashing Partnership (GHP)) pada bulan Agustus 2008 di Pekan Air Dunia tahunan (Annual World Water Week) di Stockholm, Swedia.

Hari Mencuci Tangan Sedunia pertama kali ditetapkan dan berlangsung pada tanggal 15 Oktober 2008. Penetapan tanggal tersebut dilaksanakan di Sidang Umum PBB.

Selain itu, pada tahun 2008 juga merupakan Tahun Sanitasi Internasional. Tahun Sanitasi Internasional didirikan oleh badan-badan pendiri pada tahun 2008 misal CDC AS, Procter dan Gamble, UNICEF, Unilever, Program Air dan Sanitasi Bank Dunia, dan Badan Amerika Serikat untuk Pembangunan Internasional.

Hari Mencuci Tangan sedunia juga dilatarbelakangi untuk mengurangi angka kematian anak dan penyakit pernafasan serta diare. Hal tersebut dapat dilakukan sederhana dengan mencuci tangan pakai sabun.

Dengan mencuci tangan pakai sabun dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit pernafasan hingga 25% dan diare hingga 50%. Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, penyedia layanan kesehatan AS, rata-rata orang mencuci tangan kurang dari separuh waktu yang seharusnya.

B. Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO

1. Telapak Tangan

Menggunakan sabun dan ditaruh di telapak tangan. Kemudian basahi tangan dan gosokkan telapak tangan yang sudah diberi sabun.

2. Telapak Punggung Tangan

Menggosok punggung tangan bagian kanan dan kiri. Pastikan seluruh permukaan terkena sabun.

3. Sela-sela Jari

Menggosokkan sabun ke sela-sela jari. Sela-sela jari merupakan salah satu tempat bersembunyinya kuman.

4. Punggung Tangan

Bersihkan punggung tangan dengan gerakan saling mengunci.

5. Jempol

Bersihkan jempol bagian kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan memutar. Jempol menjadi salah satu bagian jari tangan yang paling efektif untuk beraktivitas.

6. Ujung Jari

Bersihkan bagian ujung jari dengan gerakan menguncup. Hal ini dilakukan untuk membebaskan kuku dari kuman-kuman.

7. Bersihkan Tangan

Membersihkan tangan dari sabun dengan air mengalir selama 20 detik dan kemudian keringkan.

Jadi 15 Oktober hari apa detikers? Jawabannya Hari Cuci Tangan Sedunia ya! Jangan lupa mencuci tangan dengan benar ya! (atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia