15 Bintang Paling Terang di Tata Surya dan Jaraknya dari Bumi

Kristina - detikEdu
Rabu, 16 Mar 2022 14:30 WIB
National Aeronautics and Space Administration (NASA) berhasil menangkap foto alam semesta dengan kualitas terbaik dan terjenih yang pernah ada. Fotonya mencapai 1,5 miliar pixel!

Gambar 1,5 miliar pixel yang luar biasa (69.536 x 22.230) ini adalah jepretan tetangga galaksi terdekat kita, Galaksi Andromeda (M31). Foto ini diambil dari Teleskop Hubble NASA yang memiliki kemampuan sangat mupuni. Meskipun M31 adalah tetangga terdekat Bumi, M31 terletak lebih dari 2 juta tahun cahaya dari planet kita.
Galaksi Andromeda. Foto: NASA
Jakarta -

Tata surya merupakan sistem kumpulan benda langit yang terdiri dari bintang yang disebut Matahari dan objek lain yang berkaitan dengannya. Setidaknya ada 15 bintang yang bercahaya paling terang di malam hari.

Bintang adalah benda angkasa besar yang terdiri dari gas yang memancarkan cahaya dari energi internalnya, menurut catatan Ensiklopedia Britannica. Dari puluhan miliar triliun bintang penyusun alam semesta yang teramati, hanya sebagian kecil yang terlihat dengan mata telanjang.

Para ilmuwan berpendapat bahwa alam semesta terbentuk dari sebuah ledakan besar miliaran tahun lalu atau yang dikenal dengan big bang. Menurut Oxlade dan Anita Ganeri dalam buku Ensiklopedia Mini Sains, ledakan ini menyebarkan gas-gas yang membentuk bintang, galaksi, dan planet termasuk Bumi.

Bumi sendiri masuk dalam galaksi berbentuk spiral yang bernama Bimasakti. Semua bintang yang dilihat manusia pada malam hari berada dalam galaksi tersebut.

Dijelaskan dalam buku Ensiklopedia Mini Dunia Kita karya Angela Wilkes, bintang-bintang diketahui tidak bersinar selamanya. Bintang akan meredup dan mati setelah jutaan tahun menampakkan cahayanya.

Sebelum benar-benar mati, bintang tersebut akan berubah menjadi besar dan memerah kemudian meledak. Ledakan tersebut dikenal dengan supernova. Lalu, akan muncul serpihan kecil yang berputar akibat ledakan itu. Sementara bagian tengah bintang akan semakin dingin dan tidak bercahaya.

15 Bintang Paling Terang di Tata Surya

Sejumlah bintang diketahui memancarkan cahaya sangat terang di rasi atau pola langit masing-masing. Jaraknya dari Bumi juga bervariasi, ada yang 97 tahun cahaya dari Bumi hingga 640 tahun cahaya.

Sebagai informasi, pengukuran jarak antara benda langit dilakukan menggunakan satuan tahun cahaya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah para astronom dalam melakukan pengukuran.

Berikut 15 bintang yang bersinar paling terang beserta jaraknya dari Bumi:

1. Alpha Andromedae

Alpha Andromedae atau dikenal dengan Alpheratz, merupakan bintang paling terang di rasi Andromedae. Nama rasi ini diambil dari nama putri Cassiopeia dan Cephus dalam mitologi Yunani.

Bintang Alpheratz merupakan satu dari empat bintang terang yang membentuk Great Square of Pegasus. Bintang ini terletak pada jarak 97 tahun cahaya dari Bumi.

2. Capella

Capella adalah bintang paling terang di rasi Auriga. Rasi ini menempati posisi keenam sebagai bintang paling terang di malam hari.

Capella akan tampak seperti objek tunggal di langit malam. Namun sebenarnya, bintang ini terbentuk dari dua bintang raksasa kuning yang bernama Capella Aa dan Ab.

3. Sirius

Sudah bukan hal baru lagi, Sirius memang dikenal sebagai bintang paling terang di langit Bumi. Bintang yang dijuluki Dog Star ini berwarna putih kebiruan.

Sirius juga sering disebut bintang pelangi karena sering berkedip di malam hari. Hal ini akan terlihat saat berada di posisi rendah.

4. Vega

Vega merupakan bintang paling terang di rasi Lyra. Bintang ini menempati posisi kelima yang paling terang di langit malam.

Bintang Vega dapat terlihat dengan jelas di langit belahan Bumi utara. Jaraknya dari Bumi sekitar 25 tahun cahaya.

5. Rigel

Rigel juga termasuk bintang paling terang di langit malam tepatnya di rasi Orion. Bintang ini juga dikenal dengan Beta Orionis.

Ukuran bintang ini diketahui lebih besar dari Matahari. Jaraknya sekitar 870 tahun cahaya.

Jenis bintang paling terang selanjutnya baca DI SINI, ya!



Simak Video "Astronom Temukan Bintang Terjauh, Terbentuk Hampir 13 Miliar Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia