10 Negara dengan Jam Kerja Terpendek, Ada di Mana Ya?

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 06 Mar 2022 15:00 WIB
Multi-tasking succesfull businesswoman in office interior
Ilustrasi senang bekerja. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Rata-rata jam kerja per minggu di seluruh dunia berkisar antara 40 jam hingga 50 jam. Panjang durasi jam kerja dipengaruhi oleh dari satu industri, negara, dan lain sebagainya.

Negara-negara yang berfokus pada keseimbangan budaya kerja dan kehidupan pribadi umumnya memiiki jam kerja perminggu yang lebih pendek dan hari libur yang lebih banyak. Negara tersebut cenderung memberikan kompensasi lembur yang lebih murah hati, peraturan yang lebih ramah pekerja, undang-undang cuti orang tua yang lebih menguntungkan, dan masuk ke dalam daftar negara paling bahagia di dunia.

Mana saja daftar negara dengan jam kerja terpendek? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman World Population Review:

1. Jerman: jam kerja 25,6 jam per minggu.

2. Denmark: jam kerja 25,9 jam per minggu.

3. Norwegia: jam kerja 26,3 jam per minggu.

4. Belanda: jam kerja 26,9 jam per minggu.

5. Perancis: jam kerja 27 jam per minggu.

6. Luksemburg: jam kerja 27,4 jam per minggu.

7. Islandia: jam kerja 27,6 jam per minggu.

8. Swiss: jam kerja 28,8 jam per minggu.

9. Uruguay: jam kerja 29,5 jam per minggu.

10. Ekuador: jam kerja 29,8 jam per minggu.

Profil 5 Negara dengan Jam Kerja Terpendek

1. Jerman

Jerman merupakan negara dengan tingkat ekonomi terbesar di Eropa dan negara dengan tingkat pengangguran terendah. Jerman juga memiliki jumlah pekerja yang banyak dengan spesialisasi perangkat lunak, insinyur listrik, insinyur mesin, profesional medis, profesional TI, dan ekonom.

Peluang kerja di Jerman sangat baik.

2. Denmark

Denmark merupakan negara paling bahagia di dunia. Denmark memiliki konsep hidup hygge dibaca hooga. Maksudnya adalah menciptakan lingkungan yang hangat dan menikmati hal baik dalam hidup dengan orang-orang baik.

Menurut data pemerintahan taun 2021, Denmark berusaha mengatasi kekurangan pekerja di berbagai bidang termasuk pendidikan, perawatan kesehatan, TI, ilmu komputer, dan teknik, serta posisi terampil termasuk profesional bisnis, penjual buku, masinis, pekerja konstruksi, dan profesional layanan makanan.

3. Norwegia

Norwegia merupakan negara dengan jam kerja terpendek. Nowegia juga mencari tenaga dalam bidang profesional teknologi seperti insinyur perangkat lunak dan pengembang perangkat keras, serta insinyur yang berspesialisasi dalam sektor energi (minyak & gas, angin, tenaga air).

Selain itu, Norwegia dikenal memiliki pengemudi teraman di dunia, yang dapat memberikan kenyamanan bagi pengemudi profesional yang baru pindah ke Norwegia.

4. Belanda

Belanda juga merupakan negara paling bahagia di dunia. Sama seperti Jerman tingkat pengangguran di Belanda rendah. Belanda juga sedang mencari pekerja di banyak bidang yang sama seperti Jerman. Namun berfokus pada insinyur sipil dan profesional TIK.

5. Islandia

Islandia termasuk negara paling tenang di Bumi. Pasar kerja di Islandia kecil dengan total populasinya kira-kira 340 ribu. Islandia membutuhkan pekerja di industri perawatan kesehatan, konstruksi, TI, dan pariwisata.

Itulah negara dengan jam kerja terpendek di dunia. Mau kerja di negara-negara itu detikers?



Simak Video "Belanja Negara RI 2023 Rp 2.979 T, Pendapatan Rp 2.382 T"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia