10 Negara dengan Rerata IQ Tertinggi, Indonesia Nomor Berapa Ya?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 03 Okt 2021 12:00 WIB
Singapura melaporkan kasus gejala berat dan angka pasien Corona rawat inap meningkat beberapa hari terakhir. Ratusan orang terinfeksi dari klaster perkantoran hingga asrama.
Foto: Getty Images/10 Negara dengan Rerata IQ Tertinggi, Indonesia Nomor Berapa Ya?
Jakarta - Intelligence quotient atau IQ, biasanya dipakai sebagai alat untuk mengukur kecerdasan seseorang. Ternyata, skor IQ juga digunakan untuk mengukur kualitas pendidikan suatu negara, seperti yang dikutip dari situs World Population Review. Selain itu, aksesibilitas dan sumber daya yang tersedia di negara tersebut dapat tercermin dari skor rerata IQ penduduknya.

World Population Review juga membuat peta gambaran IQ di tiap negara dari seluruh dunia. Beberapa warna di bawah ini mewakili tingkat skor rerata IQ yang diraih oleh penduduk negara tersebut.

Warna ungu yang lebih gelap menandakan bahwa skor rerata IQ yang lebih rendah. Sebaliknya, negara-negara dengan skor IQ rata-rata lebih tinggi diwakili dengan warna merah-oranye.

Peta gambaran skor IQ di duniaPeta gambaran skor IQ di dunia Foto: Dok. World Population Review

Skor rerata IQ tiap negara ini didapat dari skor rerata negara dalam tes IQ yang telah distandardisasi. Tes IQ ini diperkenalkan oleh profesor asal Inggris Richard Lynn sejak tahun 2006 silam. Kemudian data disempurnakan dengan beberapa pengukuran tambahan seperti, skor penilaian matematika nasional, kemampuan membaca, dan pengetahuan ilmu sains nasional.

Menurut daftar negara dengan IQ tertinggi tahun 2021, peringkat pertama ditempati oleh Singapura yang kemudian disusul oleh China dan Hongkong. Sementara itu, Malawi menjadi negara dengan skor IQ rata-rata terendah di dunia dengan skor rerata IQ-nya sebesar 60,1. Berikut daftar lengkapnya.

10 Negara dengan Rerata IQ Tertinggi

1. Singapura

Singapura merupakan satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang masuk dalam daftar Top 10 negara dengan IQ tertinggi. Skor rerata IQ yang berhasil diraih penduduk Singapura mencapai 107,1 dengan total penduduk tahun 2021 sebesar 5,89 juta jiwa.

2. China

China menyusul Singapura sebagai negara dengan skor IQ tertinggi di dunia dengan rerata 105,8. Besaran penduduk China berdasarkan data tahun 2021 mencapai 1,44 miliar jiwa.

3. Hongkong

Skor rerata IQ yang diraih Hongkong tidak jauh berbeda dengan China. Penduduknya berhasil meraih skor dengan rerata 105,7 yang hanya terpaut 0,1 poin dari China. Total penduduk yang mendiami negara cerdas nomor tiga di dunia ini sebanyak 7,55 juta jiwa.

4. Jepang

Urutan keempat negara dengan skor rerata IQ tertinggi masih ditempati oleh negara Asia, yaitu Jepang. Jepang dengan 126,1 juta penduduk pada tahun 2021 berhasil meraih rerata IQ hingga 105.

5. Korea Selatan

Korea Selatan dengan populasi penduduk pada tahun 2021 mencapai 51,3 juta jiwa menempati posisi kelima sebagai negara dengan IQ tertinggi. Rerata skor yang berhasil diraih penduduknya mencapai 104,6.

6. Korea Utara

Selanjutnya, Korea Utara ikut menyusul Korea Selatan dengan rerata skor penduduknya sebesar 104,6. Total penduduk dari Korea Utara ini mencapai 25,92 juta jiwa pada tahun 2021.

7. Taiwan

Tidak jauh berbeda dengan kedua negara Korea, rerata skor IQ yang diraih penduduk Taiwan juga masih menempati angka 104,6. Saat ini, negara Taiwan tengah dihuni oleh 23,86 juta jiwa penduduk per tahun 2021.

8. Kanada

Peringkat selanjutnya ditempati oleh negara asal Amerika Utara yakni, Kanada. Skor yang diraih Kanada sebesar 100 untuk 38,15 juta jiwa penduduknya tahun 2021.

9. Belanda

Kemudian, disusul oleh negara dari kawasan benua Eropa pertama dalam peringkat ini, Belanda. Belanda meraih total skor yang tidak jauh berbeda dengan Kanada yaitu sebesar 100 untuk 17,17 jiwa penduduknya.

10. Swiss

Terakhir, ditempati oleh negara Swiss asal benua Eropa dengan total penduduk sebesar 8,72 juta jiwa. Swiss juga meraih skor rerata IQ penduduknya yang menyamai Kanada dan Belanda yaitu 100.

Setelah melihat daftar 10 negara tersebut, tentunya detikers penasaran dengan raihan dari penduduk Indonesia. Berdasarkan data dari World Population Review, Indonesia menempati peringkat 80 dunia dengan skor rerata IQ penduduknya mencapai 85. Beriringan dengan negara Iran, Brazil, Myanmar, Kazakhstan, Tunisia, dan lain sebagainya.

Namun, penting untuk diingat bahwa IQ bukan satu-satunya ukuran kecerdasan dari penduduk suatu negara. Seluruh negara di dunia juga mendapat peringkat berdasarkan peringkat ujian sekolah atau jumlah penghargaan Nobel yang dimenangkan sepanjang tahun.

Misalnya, Singapura merupakan negara dengan IQ tertinggi. Namun, berhasil dikalahkan oleh Jepang yang menang dalam kategori peringkat ujian sekolah dan jumlah penghargaan Nobel sebelumnya.

Simak Video "Covid-19 Menggila, Singapura Alami Krisis Nakes"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia