4 Negara dengan Jam Sekolah Terpendek, Mana Saja Ya?

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 01 Jan 2022 16:00 WIB
A teacher wearing a N95 Face masks teaches mathematics at an High School
Foto: Getty Images/iStockphoto/izusek
Jakarta -

Indonesia memiliki jam sekolah yang cukup panjang yaitu dimulai dari jam 7 pagi hingga jam 2 siang. Selain itu juga memiliki kegiatan yang cukup padat dan waktu istirahat yang pendek ditambah dengan adanya tambahan pekerjaan rumah untuk para siswa.

Namun di beberapa negara menerapkan jam sekolah yang pendek. Di mana saja itu? Berikut penjelasannya yang dikutip oleh Insider:

1. Rusia

Menurut penelitian dari Pew Research Center, siswa sekolah dasar di Rusia bersekolah selama 470 jam di kelas selama satu tahun ajaran. Di Rusia waktu yang liburan juga cukup panjang, minimal pelajar Rusia libur selama empat bulan.

Siswa di Rusia bersekolah lima hari seminggu dan biasanya mulai sekitar jam 8 pagi dan berakhir sekitar jam 1 atau 2 siang,

Walaupun memiliki jam sekolah yang pendek, hal tersebut tidak berarti mereka belajar lebih sedikit. Sebanyak 99,7% orang berusia 15 tahun ke atas dapat membaca dan menulis di Rusia.

2. Finlandia

Jam sekolah di Finlandia juga pendek. Siswa di Finlandia datang ke sekolah pada pukul 8 dan 9 pagi dan berakhir pada pukul 1-2 siang.

Setiap 45 menit belajar, siswa mendapatkan 15 menit waktu istirahat. Kerennya, siswa Finlandia menempati peringkat nomor dua di antara negara-negara lain dalam membaca, matematika, dan sains.

3. Islandia

Siswa di Islandia menghadiri sekolah hanya 170 hari selama setahun. Para siswa tetap datang ke sekolah 5 kali sehari.

Siswa Islandia menempati urutan ke-13 untuk membaca, matematika, dan sains jika dibandingkan dengan 64 negara lain di seluruh dunia, menurut Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi.

4. Irlandia

Siswa di Irlandia menghadiri sekolah selama 183 hari selama setahun. Sedangkan untuk anak TK menjadi 167 hari selama setahun.

Siswa di Irlandia berada di peringkat 17 dari 65 negara dalam hal membaca, matematika, dan sains, menurut Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi.

Para siswa menghabiskan selama 5 jam 40 menit untuk bersekolah termasuk makan siang dan istirahat.

Itulah deretan negara dengan jam sekolah terpendek. Tertarik bersekolah di sana detikers?



Simak Video "Finlandia Akan Gabung NATO, Rusia Anggap Ancaman Militer"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia