Presiden Rusia Vladimir Putin Ternyata Sempat Jadi Rektor, Universitas Mana Ya?

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 01 Mar 2022 16:32 WIB
Invasi Rusia ke Ukraina - penjelasan strategi Putin menggunakan peta
Presiden Rusia Vladimir Putin pernah jadi rektor universitas. Foto: BBC World
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin yang lahir 7 Oktober 1952 silam itu sempat menjadi rektor pengganti di universitas yang berlokasi di kampung halamannya.

Dikutip dari laman resmi Presiden Rusia, Putin lahir di Leningrad, kini bernama Saint Petersburg, Rusia. Di sana pun dia bersekolah.

Ayah Putin bernama Vladimir Spiridonovich Putin dan ibunya adalah Maria Shelemova. Ayah Putin bekerja sebagai personel keamanan.

Putin: Ingin Jadi Intel Sejak Muda dan Sempat Jadi Rektor

Sebelum tamat SMA, Putin mengungkap selalu ingin jadi intelijen, walau juga sempat bercita-cita sebagai pelaut dan pilot. Lepas SMA, dia kuliah di Universitas Leningrad tahun 1970 jurusan Hukum. Putin lulus dari sana tahun 1975.

Setelah menjadi mahasiswa kampus tersebut, Putin melanjutkan studi di Sekolah KGB Nomor 1 di Moskow. Sebagai informasi, KGB adalah Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti, yakni badan intelijen Uni Soviet.

Dalam situs putin.kremlin.ru dikatakan memang Presiden Rusia tersebut amat ingin bekerja sebagai intelijen sejak muda. Saat masih sekolah, dia telah menyambangi kantor publik KGB guna mencari tahu bagaimana caranya menjadi agen intelijen. Di sanalah, dia diberi tahu harus mengabdi militer atau studi jurusan hukum terlebih dulu.

Putin diketahui berprofesi sebagai agen KGB dalam waktu 16 tahun, sejak 1975 sampai 1991 saat Uni Soviet bubar.

Singkat cerita, setelah tembok Berlin runtuh tahun 1989, Putin kembali ke Saint Petersburg yang merupakan kampung halamannya. Setahun kemudian, dia sempat menjadi asisten Rektor Leningrad State University.

Versi lain seperti disebutkan oleh ensiklopedia Britannica menyebutkan, jabatan yang diemban oleh Putin saat di Universitas Leningrad adalah seorang prorektor. Dia bertugas untuk hubungan eksternal institusi.

Kamus Merriam Webster mendefinisikan prorektor sebagai deputi rektor sebuah universitas.Deputi rektor adalah orang yang ditunjuk untuk menggantikan sebagai rektor ketika atasannya absen.

Tak lama setelah menjadi rektor pengganti, dia menjadi penasihat walikota St. Petersburg pertama yang terpilih secara demokratis, Sobchak. Tahun 1994, Presiden Rusia tersebut pun naik jabatan sebagai wakil walikota pertama.



Simak Video "Putin Akan Modernisasi Persenjataan Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia