Peristiwa Apa yang Jadi Penyebab Turunnya Surah Al Fil?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 17 Feb 2022 17:00 WIB
Holy Al-Quran with Allah name on it embraced with beads.
Ilustrasi Al Quran, yang mengandung surat Al Fil ayat 1-5. Peristiwa apa yang melatarbelakangi turunnya wahyu surat tersebut? (iStock)
Jakarta -

Surat Al Fil menjadi bukti tertulis dari peristiwa ekspansi penghancuran Ka'bah oleh Raja Abrahah dan pasukannya dengan menunggangi gajah. Kisah ini yang disebut dengan kisah ashaabul fiil. Bila demikian, apa peristiwa tersebut lantas yang melatarbelakangi turunnya wahyu surat Al Fil?

Hingga saat ini, menurut Tim Genta Hidayah dalam buku At-Tadzkir: Metode Menghafal Juz 'Amma, belum ada ahli tafsir yang menceritakan secara jelas sebab turunnya surat ini. Demikian pula belum diketahui secara pasti peristiwa yang melatarbelakangi turunnya wahyu surat Al Fil.

"Tidak ada ahli tafsir yang menceritakan secara jelas sebab turunnya surah ini. Hanya pengetahuan bahwa surah ini menceritakan tentang penyerbuan Kota Mekah dari serangan pasukan gajah yang dipimpin Abrahah," bunyi keterangan buku tersebut.

Ditambah lagi, ada kritik yang dilayangkan oleh ulama Imam Jaluddin al-Suyuthi dalam kitab Al-Itqan fi Ulumil Qur'an soal kesalahpahaman di kalangan umat muslim. Ia menyebut, kisah ashaabul fiil dari Habasyah (sekarang Ethiopia) yang membawa gajah bukan termasuk dalam asbabun nuzul surah Al Fil, melainkan hanya kisah yang diberitakan di dalamnya.

"Sesungguhnya hal seperti itu (peristiwa ashaabul fiil) bukanlah termasuk asbabun nuzul, tetapi masuk memberitakan tentang peristiwa-peristiwa masa lalu, seperti kisah kaum Nuh, 'Ad, Tsamud, kisah membangun Ka'bah, dan kisah-kisah lainnya," kata Imam al Suyuthi.

Meskipun masih banyak perdebatan tentang asbabun nuzul atau peristiwa yang melatarbelakangi turunnya surah Al Fil, satu hal yang pasti adalah kisah ashaabul fiil yang diceritakan surat Al Fil bertepatan dengan tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Sebab itulah, tahun kelahiran Rasulullah SAW disebut dengan tahun gajah. Atau dalam istilah Al Quran disebut dengan 'am al fil. Adapun bacaan lengkap dan isi kandungan dari surah Al Fil sendiri dapat disimak pada pemaparan berikut.

A. Surah Al Fil ayat 1-5 dan terjemahannya

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ

Latin: "a lam tara kaifa fa'ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl"
1. Artinya: "Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?"

أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِى تَضْلِيلٍ

Latin: "a lam yaj'al kaidahum fī taḍlīl"
2. Artinya: "Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?"

وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ

Latin: "wa arsala 'alaihim ṭairan abābīl"
3. Artinya: "dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong."

تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ

Latin: "tarmīhim biḥijāratim min sijjīl"
4. Artinya: "yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar"

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ

Latin: "fa ja'alahum ka'aṣfim ma`kụl"
5. Artinya: "lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)."

B. Isi kandungan surah Al Fil

Surah Al Fil menceritakan kisah pasukan gajah atau ashaabul fiil yang dipimpin oleh Abrahah Al Asyram al Habasyi. Menurut Ulama Quraish Shihab dalam Tafsir Al Misbah Jilid 15, surah Al Fil menguraikan kegagalan upaya ekspansi yang dilakukan oleh Abrahah bersama pasukan gajahnya.

Diketahui, ternyata Abrahah dan pasukannya berniat untuk menghancurkan Ka'bah di Kota Mekah, Mereka hendak menggantinya dengan sebuah gereja di San'a, Yaman.

Hal tersebut ditujukan agar orang-orang yang pergi berhaji maupun para pedagang yang menjadikan Mekah sebagai titik pusat dan pertemuan dapat beralih ke Yaman. Sebab, Abrahah merasa iri terhadap Mekah yang selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Belum sempat mereka berhasil menghancurkan Ka'bah, atas izin Allah SWT diutuslah kemudian burung Ababil yang berbondong-bondong melempari mereka dengan bebatuan panas. Untuk itulah, ahli tafsir Al-Biqai juga berpendapat, tujuan utama dari surat Al-Fil adalah pembuktian tentang kebenaran uraian pada akhir surat menyangkut kebinasaan para pendurhaka.



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia