10 Macam Puasa Sunah, Senin-Kamis hingga Ayyamul Bidh

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 14 Feb 2022 06:00 WIB
Apakah Rasulullah SAW Merayakan Hari Kelahiran dengan Berpuasa?
Foto: iStock
Jakarta -

Ada berbagai macam puasa sunah yang memiliki banyak keutamaan untuk orang yang menunaikannya. Dikatakan dalam laman resmi Kementerian Kesehatan, berpuasa pun mempunyai beragam manfaat.

Dengan berpuasa, kita dapat mendetoksifikasi tubuh dengan optimal dan sel dalam tubuh mengalami regenerasi dengan baik. Untuk itu, daya tahan tubuh pun menjadi lebih kuat.

Quran surat Al Baqarah ayat 185 menyebutkan firman Allah SWT tentang perintah berpuasa.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya:

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

Di samping puasa wajib, ada berbagai macam puasa sunah yang bisa ditunaikan setiap muslim untuk menambah pahala.

10 Macam Puasa Sunnah dan Jadwalnya

1. Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

Rasulullah SAW menganjurkan berpuasa selama enam hari di bulan Syawal. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Nabi SAW bersabda, "Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan meneruskan dengan enam hari di bulan Syawal, maka seperti ia berpuasa di sepanjang tahun."

Meski demikian, puasa enam hari ini tidak boleh dilaksanakan saat Lebaran 1 Syawal. Hari tersebut tergolong dalam waktu yang diharamkan.

Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Muslim disebutkan, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha."

2. Puasa Arafah

Orang yang tidak pergi menunaikan haji bisa melaksanakan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. Keutamaan menjalankannya adalah, dosa dua tahun orang yang melakukannya bisa terhapus.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Puasa hari Arafah itu menghapus dosa dua tahun, setahun silam dan setahun yang akan datang. Dan puasa Asyura itu menghapus dosa setahun sebelumnya."

3. Puasa Tasu'a dan Asyura

Umat muslim dapat menunaikan puasa Tasu'a dan Asyura pada 9 dan 10 Muharram.

Ketentuan ini pun ada dalam hadis yang diriwayatkan Muslim. Ibnu Abbas bertutur, "Ketika Rasulullah SAW berpuasa pada hari 'Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa pada hari itu, mereka berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya hari 'Asyura adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan Nasrani.' Rasulullah SAW bersabda, 'Kalau begitu, tahun depan insya Allah kita berpuasa tanggal 9 (Muharram)'."

4. Puasa Dzulhijjah

Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan puasa Dzulhijjah di masa hidupnya. Puasa ini berlangsung pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, yakni tanggal 1-7 bulan Dzulhijjah.

Tercatat dalam hadis riwayat Ahmad dan An Nasa'i, yang berasal dari Hafshah RA, dia menuturkan, "Empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW yaitu: puasa Asyura (10 Muharram), puasa 10 hari bulan Dzulhijjah, puasa 3 hari setiap bulan, dan salat 2 rakaat sebelum sholat fajar (subuh)."

5. Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah terletak pada hari ke-8 bulan Dzulhijjah. Pada sebuah riwayat disebutkan, salah satu keutamaan puasa Tarwiyah adalah, orang yang melakukannya seperti berpuasa selama satu tahun penuh.

"Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan, untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun." (HR. Ali Al-Muairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

6. Memperbanyak Puasa di Bulan Muharram

Bulan Muharram adalah salah satu waktu istimewa dalam agama Islam.

Terdapat dalam hadis riwayat Muslim, Abu Daud, serta Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, "Puasa yang paling utama setelah bulan Ramadhan adalah bulan Muharram. Dan sholat yang paling utama setelah fardhu adalah sholat malam."

7. Memperbanyak Puasa di Bulan Syaban

Pada sebuah hadis riwayat Muslim dan Bukhari, Aisyah RA berkata, "Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasa sebulan penuh, kecuali pada bulan Ramadhan. Dan aku tidak pernah melihat beliau SAW memperbanyak puasa di bulan-bulan lain, kecuali di bulan Syaban."

8. Puasa Hari Senin dan Kamis

Rasulullah SAW menunaikan puasa sunah pada hari Senin dan Kamis, sebab ada keistimewaan di kedua hari ini.

Di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Daud, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya segala awal seluruh hamba dipaparkan pada hari Senin dan Kamis."

9. Puasa Nabiyullah Dawud

Puasa sunah seperti Nabi Dawud dilaksanakan dengan selang seling, satu hari berpuasa dan satu hari berbuka. Puasa ini dicintai oleh Allah SWT.

Sebuah hadis riwayat Muslim, Nasa'i, serta Ibnu Majah menyebutkan, "Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, yaitu berpuasa sehari dan berbuka sehari."

10. Puasa Ayyamul Bidh

Pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh adalah tiga hari berturut-turut dalam satu bulan, setiap tanggal 13, 14, dan 15 penanggalan Hijriyah.

Terdapat dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Berpuasalah selama tiga hari pada setiap bulan, karena sesungguhnya kebaikan dikalikan sepuluh, sehingga puasa itu (3 hari) sama dengan puasa satu tahun penuh."

Itulah macam-macam puasa sunah yang bisa dilakukan umat muslim beserta segala keutamaanya.



Simak Video "Puasa di Ujung Bumi Utara dan Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia