Waktu Sahur Puasa Rajab 2022, Kapan yang Tepat?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 07 Feb 2022 13:00 WIB
Jalani Puasa tanpa Makan Sahur? Ini Hukumnya dalam Islam
Ilustrasi waktu sahur puasa Rajab 2022. Kapan waktu pelaksanaan yang terbaik? (iStock)
Jakarta -

Waktu sahur puasa Rajab 2022 yang tepat mungkin masih membingungkan bagi sebagian umat muslim. Hal ini sudah dicontohkan dan dijelaskan oleh Rasulullah SAW melalui hadits-haditsnya.

Bulan Rajab 2022 sendiri sudah dimulai sejak 2 Februari lalu sesuai dengan konversi sistem penanggalan Hijriah ke Masehi yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Memasuki bulan baru, tentunya sama dengan memasuki bulan lainnya.

Bulan Rajab juga dapat diisi dengan salah satu amalan sunnah, yakni berpuasa sunnah. Puasa sunnah yang dapat dilakukan di bulan Rajab 2022 adalah puasa sunnah Senin Kamis dan puasa Ayyamul Bidh.

Penjelasan lebih lanjut mengenai kedua puasa sunnah tersebut berikut dengan tata cara pelaksanaan waktu sahurnya dapat disimak pada ulasan berikut. Ada puasa apa saja?

A. Puasa sunnah di bulan Rajab 2022

1. Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu amalan sunnah yang istimewa dan dapat diamalkan sebagai puasa di bulan Rajab. Sebab, Rasulullah SAW sendiri diketahui rutin mengerjakan amalan ini sepanjang hidupnya. Untuk bulan Rajab 2022, puasa Senin Kamis dapat dikerjakan pada sejumlah pilihan hari.

Hari-hari yang dapat dipilih untuk mengerjakan puasa Senin Kamis di antaranya, tanggal 7 Februari (7 Rajab), 10 Februari (8 Rajab), 14 Februari (12 Rajab), 17 Februari (15 Rajab), 21 Februari (19 Rajab), 24 Februari (22 Rajab), 28 Februari (26 Rajab), maupun 3 Maret (29 Rajab).

2. Puasa Ayyamul Bidh

Selanjutnya, ada Puasa Ayyamul Bidh di bulan Rajab 2022. Puasa ini merupakan amalan sunnah yang selalu dilaksanakan pada waktu yang sama selama tiga hari di tiap bulannya.

Untuk bulan Rajab pada tahun ini, Puasa Ayyamul Bidh bertepatan dengan tiga hari penanggalan sistem Masehi. Ketiga tanggal tersebut di antaranya, 14 Februari (13 Rajab), 15 Februari (14 Rajab), dan 16 Februari (15 Rajab).

Setelah memahami jenis puasa sunnah dan bacaan niatnya di bulan Rajab 2022, muslim juga perlu memahami tata cara pelaksanaannya. Khususnya waktu sahur puasa di bulan Rajab tersebut.

B. Waktu sahur puasa bulan Rajab 2022

Sahur sendiri merupakan salah satu bentuk amalan sunnah, baik itu dalam puasa sunnah ataupun puasa wajib. Untuk itulah, Rasulullah SAW kerap kali tidak melaksanakan makan sahur ketika mengamalkan puasa sunnah.

"Bahkan tidak jarang beliau baru berniat puasa pada pagi harinya, terutama ketika tidak mendapatkan makanan yang bisa dimakan di pagi hari tersebut," tulis Abduh Zulfidar Akaha dalam buku 165 Kebiasaan Nabi SAW.

Meskipun demikian, Rasulullah SAW pernah memberikan contoh pelaksanaan waktu sahur dengan mengakhirkan waktunya. Beliau biasa makan sahur ketika hampir mendekati waktu salat subuh.

Sementara itu, waktu antara Rasulullah selesai makan sahur hingga waktu salat subuh tiba sepadan dengan waktu membaca 50 ayat Al Quran. Hal ini sesuai dengan haditsnya yang dinarasikan oleh salah seorang perawi Anas bin Malik dari sahabat Zaid bin Tsabit,

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ - رضى الله عنه - أَنَّ نَبِىَّ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - وَزَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ - رضى الله عنه - تَسَحَّرَا ، فَلَمَّا فَرَغَا مِنْ سَحُورِهِمَا قَامَ نَبِىُّ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - إِلَى الصَّلاَةِ فَصَلَّى . قُلْنَا لأَنَسٍ كَمْ كَانَ بَيْنَ فَرَاغِهِمَا مِنْ سَحُورِهِمَا وَدُخُولِهِمَا فِى الصَّلاَةِ قَالَ كَقَدْرِ مَا يَقْرَأُ الرَّجُلُ خَمْسِينَ آيَةً

Artinya: "Kami makan sahur bersama Rasulullah SAW, kemudian (setelah makan sahur) kami berdiri untuk melaksanakan salat. Aku (Anas bin Malik) berkata: 'Berapa perkiraan waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan salat fajar)?'

Zahid bin Tsabit berkata: '(seperti waktu yang dibutuhkan untuk membaca) 50 ayat,'" (HR Muttafaq Alaih).

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diartikan bahwa waktu sahur puasa Rajab 2022 terbaik adalah waktu sahur yang mendekati terbit fajar atau azan salat subuh mulai dikumandangkan. Sesuai dengan kebiasaan Rasulullah SAW dalam mengerjakan makan sahur.



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia