4 Fungsi Kumis pada Kucing, Ternyata Penting Lo!

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 28 Jan 2022 07:30 WIB
Ilustrasi Kucing Oranye
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Setiap bagian tubuh dalam makhluk hidup memiliki fungsinya masing-masing. Termasuk adanya kumis yang ada di manusia ataupun hewan seperti kucing.


Sebuah studi dari University of Southern Queensland mengungkapkan bahwa bagian tubuh manusia yang tertutup oleh kumis, rata-rata tiga kali lebih sedikit terpapar sinar UV yang berbahaya dibandingkan dengan bagian tubuh yang tidak tertutup rambut apapun.


Sama halnya dengan kumis pada kucing, juga memiliki manfaat tersendiri. Jika diperhatikan lagi, ketika kucing dapat masuk ke ruangan sempit, gelap, dan meloncat dari ketinggian tanpa terjatuh dan cedera, hal itu karena fungsi kumisnya.


Selain itu, kumis kucing juga terhubung dengan pembuluh darah dan saraf serta otot-otot yang dapat digerakkan. Saat merasa terancam, kucing akan menarik kumisnya ke belakang moncongnya.


Nah, untuk mengetahui fungsi lainnya, berikut ini 4 fungsi kumis dikutip dari akun instagram Kemendikbud RI.


4 Fungsi pada Kumis:


1. Organ Sensorik


Kesensitifan kumis pada kucing membuatnya berfungsi sebagai organ sensorik utama, kucing memiliki mata yang besar tetapi mereka rabun dekat. Nah, kumis tersebut berfungsi sebagai alat sensori penglihatan.


2. Penyeimbang Tubuh


Kucing dapat masuk ke ruangan yang sempit dan meloncat ke tempat tinggi tanpa terjatuh dan cedera karena kumisnya terus menerus mengirimkan sinyal ke otak tentang posisi anggota tubuhnya.


3. Ekspresi Emosi


Selain terhubung dengan pembuluh darah dan saraf, kumis pada kucing juga terhubung dengan otot-otot yang dapat digerakkan. Saat merasa terancam kucing akan menarik kumisnya ke belakang moncongnya.


4. Perlindungan


Sebenarnya tak hanya ada pada bibir atas kucing, kumis tersebut tersebar di beberapa bagian tubuh seperti di atas mata, dagu, telinga, rahang, dan kaki depan.


Kumis kucing akan mendeteksi saat adanya bahaya, sehingga kucing dapat menghindar.


Nah, itulah 4 fungsi kumis pada kucing. Jika detikers punya kucing, jangan memotong kumis sembarangan ya!



Simak Video "Kisah Bu Menon Bukan Pengemudi Ojol Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia