Viral Kucing Tunggui Makam Mufti, Ini Istimewanya si Anabul dalam Islam

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 15 Jan 2022 07:00 WIB
Maine coon cat eating her food
Ilustrasi kucing, apa istimewanya hewan berbulu ini dalam Islam? (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta - Kisah mengharukan seekor kucing dan pemiliknya sempat ramai menjadi pembicaraan warganet beberapa waktu lalu. Pasalnya, seekor kucing terlihat masih setia menanti di makam pemiliknya yang sudah wafat, yakni seorang tokoh pemberi fatwa hukum Islam asal Serbia, Muamer Zukorlić, hingga Selasa (11/1/2022) lalu.

Kabar ini diviralkan oleh salah satu peziarah yang mengunjungi makam Muamer Zukorlić. Ia memotret seekor kucing yang diketahui sebagai kucing milik Zukorlić terlihat tengah berdiri di samping makam sang mufti melalui akun Twitternya pada 9 November 2021.

Hingga pada 11 Januari kemarin, peziarah tersebut mengunjungi makam Muamer Zukorlić untuk kedua kalinya. Ternyata, ia kembali mendapati si kucing masih menetap di makam profesor asal Serbia tersebut.

Gambar yang dibagikan sosok peziarah ini, memperlihatkan seekor kucing berdiri sendirian di atas gundukan makam pemiliknya yang telah terselimuti salju. Menurut pemberitaan media lokal Dnevni Avaz, Muamer Zukorlić dimakamkan di Orlje, Serbia pada November 2021 lalu.

Kisah ini menjadi gambaran bahwa kucing juga termasuk salah satu hewan yang setia. Selain setia, ternyata hewan berbulu ini juga memiliki sejumlah keistimewaan dalam pandangan Islam. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa keistimewaan kucing dalam Islam.

Keistimewaan Kucing dalam Pandangan Islam

1. Hewan peliharaan Rasulullah SAW

Dalam sejarah peradaban Islam, kucing digambarkan sebagai salah satu hewan kesayangan Rasulullah SAW. Diceritakan dalam buku 100 Kisah Islami Pilihan oleh Salman Iskandar, Rasulullah SAW memiliki seekor kucing yang bernama Muezza.

Suatu saat Rasulullah SAW yang hendak mengambil jubahnya, menemukan Muezza tengah tertidur dengan nyenyak di atas jubah tersebut. Tidak ingin menganggu kucing yang tengah terlelap tersebut, Rasulullah pun memotong bagian lengan jebah yang ditiduri oleh si kucing.

Ketika Rasulullah SAW kembali ke rumah, Muezza pun terbangun lalu menundukkan kepala dan bersujud pada beliau. Melihat itu, Rasulullah SAW pun membalasnya dengan mengelus lembut bulu Muezza sebanyak tiga kali sebagai bentuk kasih sayangnya.

Meskipun ada sejumlah ulama yang menyatakan riwayat hadits ini masih diragukan kebenarannya, setidaknya hal ini dapat memberikan contoh bagaimana cara menyayangi kucing dengan baik.

2. Ganjaran penyiksa kucing

Rasulullah SAW dalam haditsnya, pernah berpesan kepada para sahabatnya untuk tidak mengganggu apalagi menyakiti seluruh makhluk yang bernyawa. Tidak terkecuali bagi kucing.

Penulis Syaikh Muhammad Hassan menegaskan hal ini dalam tulisannya yang berjudul Hak-hak yang Wajib Anda Ketahui dalam Islam. Dalam tulisannya, disebutkan salah satu riwayat hadits yang menceritakan ganjaran bagi seorang wanita penyiksa kucing.

Wanita tersebut diketahui pernah menyekap dan tidak memberikan makan sama sekali pada kucing peliharaannya itu. Sekalipun serangga-serangga tanah.

Dinukil dari hadits yang diriwayatkan Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak dibiarkan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai." (HR Bukhari dan Muslim).

3. Bukan hewan najis

Keistimewaan kucing lain dalam pandangan Islam adalah kucing bukan dianggap sebagai salah satu hewan yang najis. Dalam artian, muslim dibolehkan untuk menyentuh dan memegang kucing sebagai hewan yang sering terlihat di sekitar kita.

Dari Abu Qatadah, Rasulullah SAW bersabda,

إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ

Artinya: "Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita," (HR At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa'i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, dan Malik).

Simak Video "Ini Lego, Kucing Anies yang Hanya Memiliki Tiga Kaki"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia