Bahasa: Pengertian, Sifat dan Perannya dalam Kehidupan

Rika Pangesti - detikEdu
Kamis, 27 Jan 2022 09:29 WIB
Membaca Cerita Jenaka
Foto: Getty Images/iStockphoto/globalmoments
Jakarta -

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahasa diartikan sebagai sistem lambang bunyi yang arbitrer dan digunakan oleh anggota masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

Tanpa berbahasa, manusia sebagai makhluk hidup akan sulit memenuhi kebutuhannya. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, maka harus berinteraksi dengan manusia lain.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami arti dari bahasa, di bawah ini merupakan pengertian bahasa menurut para ahli yang dikutip dari buku bertajuk Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik) karya Yendra, yaitu sebagai berikut:

1. Mario Pei mengartikan bahasa sebagai sebuah sistem dari komunikasi dengan bunyi yang dioperasikan melalui organ bicara dan pendengaran diantara anggota komunitas dan menggunakan lambing bunyi yang bersifat arbitrer, serta mempunyai kesepakatan makna.

2. Bloomfield menyatakan bahasa adalah sistem arbitrari dari lambing bunyi yang memungkinkan semua manusia membangun budaya atau mempelajari sistem dari budaya untuk berkomunikasi atau berinteraksi.

3. Webster mendefinisikan bahasa adalah alat sistematis untuk menyampaikan sebuah gagasan atau perasaan dengan memakai tanda-tanda, bunyi, gesture atau tanda yang disepakati dan mengandung makna yang dapat dipahami.



Peran Penting Bahasa

Merujuk pengertian bahasa menurut para ahli tersebut, dapat dikatakan bahwa bahasa memiliki peranan penting dalam kehidupan sebagai alat berinteraksi. Selain itu, bahasa juga merupakan salah satu keahlian yang hanya dimiliki oleh manusia. Hal ini yang membedakan interaksi manusia dengan interaksi makhluk-makhluk lain di bumi.

Peran utama bahasa adalah alat interaksi antar masyarakat dalam satu kelompok. Oleh sebab itu, bahasa itu tidak pernah lepas dari manusia. Kegiatan manusia yang tidak menggunakan bahasa akan sulit dipahami.

Selain sebagai alat berkomunikasi, bahasa juga berperan sebagai alat berpikir. Dapat dikatakan bahwa manusia tidak dapat berpikir tanpa bahasa. Dengan demikian, tingkat kecerdasan seseorang tidak hanya ditentukan oleh tingginya nilai, akan tetapi dipengaruhi oleh penguasaannya dalam berbahasa.

Seseorang yang perbendaharaan katanya tinggi akan lebih mudah menyelesaikan persoalan daripada orang yang penguasaan kosa katanya rendah. Hal ini terjadi karena ketika kita berpikir, otak berusaha untuk menghubungkan konsep yang satu dengan konsep yang lain. Semakin banyak kata yang dikuasai, semakin mudah untuk berpikir dan juga banyak solusi yang bisa dilahirkan dari proses berpikir.



Sifat Bahasa

Bahasa memiliki sifat dinamis, artinya bahasa terus menerus berkembang untuk menyesuaikan diri dengan kondisi, situasi atau perkembangan zaman dan teknologi yang maju. Sifat bahasa ini sangat penting karena bahasa butuh berkembang untuk bertahan agar tidak ditinggalkan zaman, kemudian hilang dan punah karena tidak ada penuturnya.

Pada dasarnya bahasa hanyalah kesepakatan suatu kelompok masyarakat di semua tempat di dunia. Seperti misalnya, kata 'rumah' dalam bahasa Indonesia yaitu 'Rumah' lambing bunyi yang merujuk pada tempat tinggal. Kata 'Rumah' adalah kesepakatan sosial dari masyarakat penutur bahasa Indonesia.

Sedangkan, kesepakatan semacam itu juga terjadi di tempat lain, misalnya di negara Inggris, masyarakat penutur bahasa Inggris sepakat menyebut tempat tinggal dengan kata 'Home'.

Selain itu, bahasa juga memiliki sifat-sifat lainnya yang dikutip dari Modul Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas X karya Elisabeth Prasetiawati, yaitu sebagai berikut:

1. Unik dan khas
Setiap bahasa memiliki keunikan atau kekhasan masing-masing. Sebagai contoh, bahasa Jawa memiliki kekhasan yang tidak dimiliki bahasa Sunda.

2. Universal
Bahasa bersifat universal atau berlaku untuk umum. Sifat itu dimiliki oleh setiap bahasa di dunia.

3. Bervariasi
Perbedaan konteks pemakaian serta latar belakang penggunaannya menyebabkan bahasa itu bervariasi. Berdasarkan konteks pemakaiannya, terdapat ragam bahasa resmi dan ragam bahasa santai.

4. Manusiawi
Selain memiliki akal, ciri khas manusia yang tidak dimiliki makhluk lainnya adalah kemampuan dalam berbahasa. Makhluk lain seperti hewan tidak memiliki kemampuan berbahasa.

Demikian pembahasan tentang pengertian bahasa, sifat dan peranannya dalam kehidupan manusia sehari-hari. Selamat belajar, ya detikers.



Simak Video "Malaysia-Indonesia Sepakat Perkuat Bahasa Melayu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia