5 Cara Tanamkan Kejujuran pada Anak yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 25 Jan 2022 16:30 WIB
Ilustrasi ibu dan anak bermain dengan kucing
Foto: Getty Images/somethingway
Jakarta -

Kejujuran harus ditanamkan sejak dini kepada anak. Hal ini dikarenakan kejujuran merupakan dasar dari komunikasi yang efektif dan memulai hubungan yang sehat antara orang tua dan anak.

Apabila orang tua berhasil membiasakan perilaku jujur dari rumah, nantinya akan berdampak baik untuk anak saat bersosialisasi dengan dunia luar. Kejujuran juga menjadi sangat penting agar hubungan anak dan keluarga dapat terjalin dengan harmonis.

Membiasakan anak untuk berperilaku jujur bukanlah hal yang sulit dilakukan. Orang tua dapat mengajarkan hal-hal berikut kepada anak, seperti dikutip dari akun Instagram Badan Bahasa Kemdikbud:

1. Menerapkan Kejujuran dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengajarkan kejujuran pada anak dapat dimulai dengan menerapkan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Orang tua dapat melatihnya dengan memberikan ucapan atau kalimat sederhana. Pastikan apa yang diucapkan harus sesuai dengan apa yang diperbuat.

2. Memberikan Pengetahuan dan Keyakinan bahwa Tuhan Maha Melihat

Kenalkanlah anak kepada Tuhan sejak dini. Berikan juga pengetahuan bahwa Tuhan Maha Melihat dan mengetahui apa yang dilakukan hamba-Nya. Dengan begitu anak menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak dan berperilaku.

3. Memberikan Pemahaman Jika Jujur Itu Nikmat

Ada pepatah yang mengatakan kita menuai apa yang kita tanam. Jadikanlah pepatah tersebut nasihat kepada anak.

Sama halnya dengan perilaku jujur. Perilaku tersebut tidak dapat langsung dirasakan nikmatnya. Jika orang tua terus membiasakan perilaku baik, maka akan menuai hasilnya di kemudian hari.

4. Membacakan Dongeng Sebelum Tidur

Dongeng merupakan media yang baik untuk menanamkan nilai-nilai kepada anak. Sebuah dongeng atau cerita kejadian nyata yang diceritakan kepada anak sebelum tidur dapat menjadi relaksasi untuk anak.

Sebelum tidur, anak-anak dalam keadaan tenang dengan pikiran yang kosong. Saat itu gelombang pikiran mereka sedang tenang sehingga orang tua dapat mengisi pikiran mereka dengan cerita positif seperti kejujuran.

5. Memberikan Pujian

Jika anak sudah melakukan hal yang terbaik walaupun belum berhasil tetap berikanlah pujian. Dengan memberikan pujian berarti orang tua sudah jujur kepada anak. Orang tua dapat mengatakan, "Kamu sudah melakukan yang terbaik."

Nah itulah cara mengajarkan kejujuran pada anak. Harap menjadi perhatian Ayah dan Bunda, ya!



Simak Video "Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli HP Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(atj/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia