4 Cara agar Anak Semangat Menjalani PTM, Yuk Terapkan!

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 24 Jan 2022 11:50 WIB
Muncul Klaster Sekolah, PTM 100 Persen di Kota Malang Tetap Berlangsung
Foto: Muhammad Aminudin
Jakarta -

Sebagian besar sekolah saat ini sudah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM). Walaupun begitu banyak anak yang harus menyesuaikan diri kembali untuk menghadapi pembelajaran di sekolah setelah sekian lama melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dengan adanya PTM, siswa dapat kembali berinteraksi dengan teman sebaya. Selain itu mendapatkan pelajaran secara langsung dari guru. Nah tugas orang tua saat ini adalah menjaga mood anak agar tetap semangat dan menjalani PTM dengan senang hati.

Berikut 4 cara agar anak semangat menjalani PTM yang dikutip dari CNN Indonesia:

1. Membawa Bekal dari Rumah

Asupan nutrisi sangat penting untuk menjaga imunitas anak selama pandemi. Dengan membawa bekal sendiri kesehatan anak menjadi lebih terjaga karena bahan baku terjamin dan juga kebersihannya.

Selain itu orang tua juga dapat membuat kreasi aneka ragam menu agar anak semakin bersemangat untuk menikmati bekalnya di sekolah.

2. Mengenali Gaya Belajar Anak

Meningkatkan semangat belajar anak di sekolah dengan mengenali gaya belajar yang cocok dengan mereka. Bahkan, anak-anak cenderung memiliki gaya belajar yang berbeda untuk setiap mata pelajaran.

Nah tugas orang tua adalah mencari tahu cara belajar yang disukai anak. Ada empat gaya belajar yang perlu diketahui yaitu visual (indera penglihatan), auditori (suara), kinestetik (gerakan fisik), dan linguistik (menggunakan verbal atau kata-kata).

Dengan mengetahui metode belajar yang tepat orang tua dapat menyediakan lingkungan belajar yang tepat agar proses pembelajaran semakin maksimal.

3. Menjadwalkan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Jadwalkanlah pemeriksaan kesehatan yang rutin agar anak dapat terus dalam keadaan prima dalam menjalani PTM. Dengan melakukan cek kesehatan, orang tua dapat mengamati tubuh anak dan mengantisipasi hal-hal yang diperlukan apabila anak merasa lelah dan letih.

Siapkan juga vitamin dan suplemen tambahan yang sesuai kebutuhan agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga.

4. Menikmati Quality Time

Ajaklah anak untuk menikmati hari libur dengan menghabiskan waktu bersama. Orang tua dapat melakukan kegiatan menyenangkan misalnya seperti bermain bersama ataupun memasak bersama.

Orang tua dapat juga mendengarkan curhatan anak apabila anak memiliki kesulitan selama PTM. Jadilah pendengar yang baik ya ayah dan bunda!

Nah itulah 4 cara agar anak tetap semangat menjalani PTM. Jangan lupa diterapkan ya!



Simak Video "PTM Sekolah dan Kurikulum di Ciamis Dilaksanakan 100 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia