10 Jurusan Kuliah Artis Indonesia, dari Politik UI hingga Elektro ITS

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 25 Jan 2022 13:00 WIB
Rachel Amanda saat mempromosikan film terbarunya Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini.
Jurusan kuliah para artis Indonesia yang berbeda dengan profesinya saat ini. Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Apakah detikers punya minat karier yang beda dengan jurusan kuliah? Kamu enggak sendiri. Beberapa tokoh kenamaan di Indonesia juga sempat merasa salah jurusan dan memilih menekuni minatnya setelah lulus kuliah.

Beberapa artis di Indonesia berikut mengurungkan niatnya untuk masuk sekolah film atau sekolah seni karena kendala biaya dan persetujuan orang tua. Kendati demikian, berbagai kondisi ini tidak menghentikan para artis Indonesia untuk merampungkan perkuliahan dan lanjut berkarya. Siapa saja?

Jurusan Kuliah Artis Indonesia

1. Ernest Prakasa

Ernest Prakasa saat ditemui di Epicentrum.Ernest Prakasa Foto: Noel/detikFoto

Ernest Prakasa menempuh kuliah di jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjajaran (Unpad). Setelah memulai karier di industri musik, ia menggeluti ranah stand up comedy dan keluar sebagai juara 3 kompetisi Stand Up Comedy Indonesia.

Salah satu founder Stand Up Indonesia ini lalu aktif sebagai stand up comedian atau komika, penulis buku, aktor, sutradara, penulis skenario, dan produser film. Salah satu karya terbarunya yakni Teka-teki Tika (2021).

2. Joko Anwar

Joko Anwar

Joko Anwar kuliah di jurusan Teknik Penerbangan Institut Teknologi Bandung (ITB) karena orang tuanya tidak sanggup menyekolahkannya ke sekolah film. Lulus kuliah, Joko Anwar menjadi jurnalis dan kritikus film sebelum menjadi aktor, sutradara, penulis skenario, dan produser. Salah satu karya Joko Anwar yang akan tayang yakni Pengabdi Setan 2.

3. Raditya Dika

Raditya Dika Bandingin 5 Jenis KurmaRaditya Dika Foto: YouTube Raditya Dika

Raditya Dika menempuh kuliah di jurusan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) dan Finance University of Adelaide, Australia. Dikenal luas setelah buku pertamanya Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh laris, Raditya Dika meneruskan karier sebagai penulis buku, komika, aktor, sutradara, dan kreator konten.

4. Pandji Pragiwaksono

Pandji Pragiwaksono saat berkunjung ke kantor detikcom.Pandji Pragiwaksono Foto: Asep Syaifullah/detikHOT

Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo menempuh pendidikan tinggi di jurusan Desain Produk Industri Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah memulai karier di sebagai penyiar radio dan acara reality show Kena Deh, ia kemudian juga dikenal sebagai host dan juri Stand Up Comedy Indonesia, komika, aktor, penulis, rapper, kreator siniar, dan sutradara.

5. Tulus

Tulus - Terlalu RinduTulus Foto: dok. Screenshot Tulus - Terlalu Rindu

Tulus mulai dikenal saat bernyanyi di acara komunitas jazz dan kampus di Bandung. Saat itu, Tulus sedang kuliah di jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan (Unpar).

Penyanyi Indonesia ini lalu menjadi pencipta lagu, komposer, dan co-produser album pertamanya yang laris dengan lagu Teman Hidup, Sewindu, dan lain-lain. Sejak itu, Tulus aktif berkolaborasi dengan seniman lintas platform seperti ilustrator, desainer grafis, seniman pertunjukan, videografer, dan fotografer.

6. Babe Cabiita

4 Tips Diet Babe Cabita yang Berhasil Turunkan BB 20 Kg dalam 3 BulanBabe Cabiita Foto: Instagram @babecabiita

Priya Prayogha Pratama dikenal sebagai Babe Cabiita sejak keluar sebagai pemenang di kompetisi Stand Up Comedy Indonesia musim ketiga. Sejak itu, alumnus jurusan Administrasi Negara Universitas Sumatra Utara (USU) ini merambah dunia hiburan sebagai aktor film bergenre komedi seperti Comic 8 hingga Kapal Goyang Kapten. Ia jgga dikenal sebagai kreator konten dan brand ambassador yang tampil di layar Times Square New York.

7. Cak Lontong

Cak Lontong (Eva Safitri/detikcom)Cak Lontong Foto: Eva Safitri/detikcom

Lies Hartono atau Cak Lontong merupakan alumnus jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Pelawak, komika, presenter, dan aktor ini memulai karier sebagai pelawak di grup Ludruk Cap Toeoe di Surabaya. Nama Cak Lontong dikenal secara nasional setelah menjadi anggota program TV Republik BBM, Indonesia Lawak Klub, dan juri Stand Up Comedy Indonesia.

8. Cinta Laura

Cinta LauraCinta Laura Foto: Instagram/@claurakiehl

Cinta Laura Kiehl lulus dari jurusan Psikologi dan Sastra Jerman Universitas Columbia, New York, salah satu kampus Ivy League di Amerika Serikat dengan predikat Cum Laude. Peraih IPK 3,9 ini memulai karier sebagai bintang sinetron dan penyanyi, lalu juga sebagai model dan pebisnis.

9. Rachel Amanda

Rachel AmandaRachel Amanda Foto: Instagram

Rachel Amanda Aurora memulai karier sebagai bintang sinetron cilik. Pemeran Awan di film Nanti Kita Cerita Hari Ini (2019) ini semula ingin kuliah film, namun menuruti keinginan orang tua untuk kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI dari jalur SNMPTN. Setelah sempat kuliah di FKM UI dan merasa salah jurusan, ia mendaftar kuliah lagi di Fakultas Psikologi UI dan lolos dengan jalur SBMPTN.

10. Dodit Mulyanto

Rumah tengah hutan Dodit MulyantoDodit Mulyanto Foto: YouTube: Dodit Mulyanto

Dodit Mulyanto merupakan alumnus jurusan Pendidikan Geografi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Ia masuk ke dunia stand up comedy dengan tampil di salah satu kafe di Surabaya.

Dodit lalu dikenal secara nasional setelah menjadi finalis komika Stand Up Comedy Indonesia musim keempat yang khas dengan campuran materi komedi dan permainan biola. Kendati tidak keluar sebagai pemenang, Dodit lalu kerap membintangi film dan tayangan komedi di TV.



Simak Video "Erick Thohir hingga Wiku Dapat Gelar Kehormatan dari ILUNI UI"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia