6 Artis Indonesia Ini Dirikan Lembaga Pendidikan, Termasuk Dian Sastro

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 24 Jan 2022 12:20 WIB
Dian Sastro
Foto: Instagram @therealdisastr
Jakarta -

Sejumlah artis di Indonesia rupanya memiliki lembaga pendidikan, mulai dari sekolah hingga yayasan. Lembaga yang mereka bangun itu pun tersebar di berbagai daerah.

Mungkin detikers bahkan tidak menyadari salah satunya ada di lingkungan kalian? Guna mengetahui siapa saja dan apa latar belakang artis-artis Indonesia tersebut mendirikan lembaga pendidikan, simak ulasannya berdasarkan arsip detik network berikut ini ya!

6 Artis Indonesia yang Punya Lembaga Pendidikan

1. Yuni Shara

Yuni SharaYuni Shara Foto: Instagram @yunishara36

Penyanyi senior ini memiliki sekolah PAUD dan TK yang bernama Cahaya Abadi di Kota Batu, Malang Raya, Jawa Timur. Yuni membangun kedua sekolah tersebut beberapa tahun yang lalu.

Pada PAUD tersebut, biaya SPP yang dibebankan Rp 3.500. Namun, fasilitasnya tidak kalah dari sekolah PAUD seperti biasanya.

2. Cinta Laura

Cinta LauraCinta Laura Foto: Instagram @claurakiehl

Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa Cinta Laura punya sekolah sekaligus yayasan pendidikan. Yayasan miliknya yang bernama Yayasan Soekarseno Peduli itu bertugas menyumbangkan dana operasional pendidikan.

Sementara itu, salah satu sekolah yang dinaungi Cinta Laura berada di kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

3. Sarwendah

SarwendahSarwendah Foto: Instagram/@sarwendah29

Saat merayakan ulang tahun pernikahannya, Ruben Onsu memberikan hadiah berupa sekolah pada Sarwendah. Sekolah bertajuk Tempat Belajar Bunda Sarwendah ini berada di Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat.

4. Dik Doank

Dik Doank atau Raden Rizki Mulyawan Kartanegara sudah mendirikan Kandank Jurank Doank sejak 2004. Sekolah bernuansa alam ini terletak di Ciputat, Tangerang.

Memantau dari akun Instagramnya, Kandank Jurank Doank memiliki berbagai kegiatan menarik yang sifatnya gratis. Beberapa contoh kegiatannya bertajuk Menggambar Kubisme ala Pablo Picasso, Membuat Paper Quilling, Membuat 3D Self Portrait, dan banyak lagi.

5. Erix Soekamti

Vokalis Endank Soekamti, Erix Soekamti memiliki sekolah kepeminatan gratis bernama DOES University. Sekolah ini berdiri di DI Yogyakarta dan Ungaran.

Para siswa bisa belajar compositor, 3D modeller, dan animasi. Profil sekolah tersebut juga dapat dilihat di akun Instagram @doesofficial.

6. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastro di Acara Dari Kartini untuk IndonesiaDian Sastro di Acara Dari Kartini untuk Indonesia Foto: Dari Kartini untuk Indonesia

Artis yang memiliki perhatian atas pemberdayaan perempuan ini mempunyai yayasan nonprofit bernama Yayasan Dian. Namun, latar belakang Dian Sastrowardoyo membangun yayasan ini cukup menarik.

Dalam acara virtual berjudul Dari Kartini untuk Indonesia oleh detikcom bersama Haibunda pada April 2021 lalu, Dian berkisah ketika menyadari belum dapat mewujudkan cita-cita untuk sekolah di luar negeri, hal itu menjadi titik balik yang mendorongnya memutuskan untuk menyekolahkan anak-anak lain yang belum sekolah.

Menurut Dian, yayasan ini adalah bentuk syukur atas segala yang dia terima dan mimpinya yang belum tercapai atau gagal. Karena mimpi tersebut, dia kini lebih bermanfaat bagi yang lain.

Itulah sejumlah artis Indonesia yang punya lembaga pendidikan. Ada yang pernah kalian kunjungi, detikers?



Simak Video "Cinta Laura Bantah Memilih Childfree"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia