5 Jurusan Kuliah Anti Mainstream dan Unik, Tertarik Coba?

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 22 Jan 2022 10:00 WIB
Jurusan Kuliah
Foto: Jurusan Kuliah (Luthfy Syahban/detik.com)
Jakarta -

Detikers apakah kalian sudah menentukan akan mengambil jurusan kuliah apa? Atau masih bingung ingin mengambil jurusan apa? Jangan khawatir bingung mengambil jurusan kuliah merupakan hal yang wajar loh.

Sebelum mengambil jurusan kuliah kalian harus mempertimbangkan jurusan tersebut dengan matang. Tipsnya dapat melakukan riset di internet, bertanya dengan kakak kelas, dan jangan lupa berdiskusi dengan orang tua. Selain itu, mengambil jurusan kuliah juga bisa didasarkan pada minat dan hobi yang kalian miliki.

Nah daripada bingung memilih jurusan kuliah apa yang tepat untuk kalian, ternyata ada loh jurusan kuliah anti mainstream di Indonesia. Jurusan apa saja itu? Simak penjelasan berikut yang diambil dari masing-masing laman universitas.

Jurusan Kuliah Anti Mainstream

1. Oseanografi

Jurusan oseanografi akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan laut seperti lingkungan laut dan pesisir, sumber daya laut, dan pengembangan dan penerapan rekayasa teknologi kelautan. Di Indonesia sendiri ada empat universitas yang menyediakan jurusan oseanografi yaitu Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung, dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut.

2. Teknik Nuklir

Jurusan teknik nuklir akan mempelajari teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, radiasi, dan radiostop di industri. Selain itu juga mempelajari radiologi klinik seperti radiodiagnostik dan radioterapi.

Jurusan ini hanya ada di Universitas Gadjah Mada (UGM) lho detikers.

3. Pengobatan Tradisional

Tahukah kalian jika ada jurusan yang mempelajari tentang jamu? Kalian dapat mempelajarinya di jurusan pengobatan tradisional. Jurusan kuliah anti mainstream ini mempelajari tentang meracik, menyediakan, dan melakukan penyembuhan atau terapi dengan jamu.

Jurusan ini terdapat di Universitas Airlangga, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta.

4. Jurusan Pendalangan

Wayang adalah salah satu kekayaan Indonesia. Orang yang menggerakkan dan pencerita wayang disebut sebagai dalang. Ternyata ada loh jurusan kuliah pendalangan.

Di jurusan ini kalian akan mempelajari menjadi sutradara, penulis naskah, pelakon wayang, sekaligus peneliti dan kritikus seni pedalangan di Indonesia. Jurusan ini dapat diambil di Institut Seni Indonesia Surakarta dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

5. Astronomi

Astronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang ruang angkasa. Astronomi sendiri gabungan antara ilmu matematika dan fisika. Astronomi juga dibagi atas tiga bidang yaitu Tata Surya, Fisika Bintang, serta Galaksi dan Kosmologi.

Jika kalian tertarik mengambil jurusan ini, maka Institut Teknologi Bandung bisa menjadi pilihan kampusnya.

Nah itulah 5 jurusan kuliah anti mainstream yang ada di Indonesia. Detikers apa kalian tertarik mengambil jurusan tersebut?



Simak Video "Mahasiswa Geruduk DPR RI Protes Harga Sembako-Gaji Guru"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia