Niat Puasa Senin Kamis, saat Amal Manusia Dihadapkan pada Allah SWT

Rosmha Widiyani - detikEdu
Rabu, 19 Jan 2022 20:00 WIB
A female adult is putting both hands together for doa (Muslim way of praying) during partial lockdown in Malaysia.
Ilustrasi berdoa/Niat puasa Senin Kamis. Foto: Getty Images/Alex Liew
Jakarta -

Niat puasa Senin Kamis adalah bacaan yang diucapkan muslim yang ingin melaksanakan ibadah tersebut. Lafadz niat puasa Senin Kamis mirip dengan bacaan untuk ibadah lain yang simpel dan mudah dihapal.

Bacaan niat puasa Senin Kamis

A. Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala. Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala."

B. Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala. Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala."

Tentunya, para muslim tak perlu khawatir jika tidak hapal bacaan niat puasa Senin Kamis. Niat bisa diucapkan dalam bahasa yang kerap digunakan sehari-hari, dengan ikhlas dan penuh kesungguhan hati.

Jangan sampai tidak hafal niat puasa Senin Kamis mengakibatkan muslim urung melakukan ibadah tersebut. Pasalnya, Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan keutamaan puasa Senin Kamis.

Dikutip dari buku Mengapa Harus Puasa Senin-Kamis? karya Asrar Mabrur Faza, Senin Kamis adalah hari saat amalan manusia dihadapkan pada Allah SWT. Berikut haditsnya

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ »

Artinya: Aku berkata pada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu." Nabi SAW bertanya, "Apa dua hari tersebut?" Usamah menjawab, "Senin dan Kamis." Lalu beliau bersabda, "Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa." (HR An Nasai).

Keutamaan lain adalah hari saat pintu surga dibuka sesuai hadits berikut

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Artinya: "Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai." (HR Muslim).

Dengan penjelasan ini, semoga kita bisa selalu membaca niat puasa Senin Kamis dan melaksanakan puasa sunnah tersebut dengan baik.



Simak Video "Puasa di Ujung Bumi Utara dan Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia