7 Guru Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah yang Mengubah Dunia, Ada Einstein

Kristina - detikEdu
Jumat, 14 Jan 2022 20:00 WIB
Albert Einstein
Foto: getty images
Jakarta -

Guru memainkan peranan penting dalam sejarah peradaban manusia. Sejumlah guru diketahui telah mengubah dunia dengan bakat dan pengetahuan luar biasa yang dimilikinya.

Sosok guru biasa dimaknai sebagai orang yang menjadi panutan atau teladan bagi murid-muridnya. Secara umum, guru diartikan sebagai pendidik profesional yang mengajar, membimbing, dan memberikan arahan hingga motivasi kepada peserta didik.

Guru Paling Berpengaruh di Dunia

Tak sedikit guru telah berhasil mengubah hidup seseorang. Beberapa di antaranya bahkan telah mengubah dunia dengan berbagai pemikirannya. Dilansir dari laman JBCN International School, berikut tujuh guru yang paling berpengaruh sepanjang sejarah:

1. Sir Isaac Newton

Sir Isaac Newton adalah seorang guru, matematikawan, dan fisikawan terkenal yang menciptakan teori gravitasi. Dia menerapkan teorinya tentang Hukum Gerak dan gravitasi untuk menjelaskan gerakan Matahari dan planet-planet.

Newton adalah orang pertama yang menemukan bahwa cahaya putih terdiri dari spektrum warna. Penelitian pertamanya, The Principia, diterbitkan pada tahun 1687 dan menjadi dasar dalam mekanika klasik.

2. Pythagoras

Pythagoras adalah seorang filsuf, matematikawan, dan guru yang teorinya masih diajarkan di sekolah-sekolah hingga saat ini. Dia dikenal dengan teorema Phytagorasnya yang digunakan untuk memecahkan perhitungan dalam segitiga siku-siku.

3. Sarvepalli Radhakrishnan

Guru berpengaruh sepanjang sejarah selanjutnya adalah Sarvepalli Radhakrishnan. Dia pernah menjabat sebagai wakil presiden pertama dan presiden kedua India. Dia memainkan peran yang berpengaruh dalam pemahaman agama Hindu di India dan Barat.

Sarvepalli Radhakrishnan terkenal karena komentarnya tentang Bhagavad Gita, Upanishad, dan Brahma Sutra. Atas jasa besarnya, setiap tanggal 5 September yang mana merupakan hari kelahirannya, diperingati sebagai Hari Guru di India.

4. Albert Einstein

Albert Einstein merupakan seorang fisikawan teoretis, penulis, dan guru yang dikenal atas kontribusinya pada bidang relativitas umum dan khusus. Ia juga dikenal karena persamaan massa-energinya yang dijuluki sebagai "persamaan paling terkenal" yang melahirkan bom atom.

Karyanya tentang teori relativitas umum diterbitkan pada tahun 1915 dan masih dianggap sebagai konsep paling signifikan yang dikembangkan dalam fisika modern. Einstein dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 karena karyanya yang luar biasa.

5. Aristoteles

Aristoteles adalah seorang filsuf dan ilmuwan Yunani terkenal dan dianggap sebagai "Bapak Filsafat Barat". Pada 335 SM, ia mendirikan sekolah di Athena, tempatnya menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk mengajar dan menulis.

Kecintaannya pada alam, logika, dan argumentasi membawanya untuk memberikan kontribusi pada ilmu matematika modern, fisika, biologi, politik, dan masih banyak lagi. Ia juga dikenal sebagai Bapak Zoologi, di mana ia mengklasifikasikan organisme hidup.

6. John Adams

John Adams adalah presiden kedua Amerika Serikat. Dia menjadi guru di Worcester dan memutuskan untuk belajar hukum. Setelah menjadi pengacara, ia membantu penyusunan UUD dan Proklamasi Kemerdekaan. Adams menjadi salah satu negosiator, dia bertanggung jawab atas perjanjian damai dengan Inggris Raya yang menandai berakhirnya Perang Revolusi.

7. Savitribai Phule

Savitribai Phule merupakan guru wanita pertama asal India yang dikenal atas kontribusinya di bidang pendidikan dan membela hak-hak perempuan selama pemerintahan Inggris di India. Dia membangun 18 sekolah dan mendorong pendidikan perempuan.

Phule juga berkontribusi besar dalam memerangi segala aktivitas yang merusak keberadaan perempuan. Dia adalah satu-satunya pemimpin wanita abad ke-19 dan mengubah banyak kehidupan karena karya revolusionernya.



Simak Video "Belajar Trading Binomo ke Fakarich, Indra Kenz Bayar Rp 500 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia