Apa yang Terjadi Jika Tidak Ada Pohon di Bumi?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 13 Jan 2022 18:00 WIB
View of trees in the forest in spring
Foto: iStockphoto/yalcinsonat1/Ilustrasi Pohon
Jakarta -

Pohon memiliki banyak peran penting bagi kelangsungan hidup manusia. Tanpa pohon mungkin manusia akan hidup dengan udara panas karena sengatan matahari dan juga kekurangan oksigen.

Merangkum laman Science School, ada sekitar 3,04 triliun pohon di planet Bumi yang mencakup 31 persen dari permukaan tanah dunia. Namun sayangnya, sekitar 15 miliar pohon ditebang setiap tahun dan akan berdampak pada kelangsungan hidup di Bumi. Meski secara hipotesis akan dibutuhkan lebih dari 200 tahun agar pohon di dunia benar-benar hilang.

Apabila hal itu terus berlangsung, bukan tidak mungkin Bumi akan kehilangan pohon seutuhnya. Lantas, apa yang akan terjadi ketika Bumi tanpa pohon?


Kekurangan oksigen

Seperti yang diketahui, oksigen membentuk sekitar 21 persen dari atmosfer bumi, dan setengah dari oksigen ini diproduksi melalui fotosintesis di pohon dan tanaman lain di darat. Sementara setengah lainnya diproduksi di lautan, oleh organisme laut mikroskopis yang disebut fitoplankton.

Dalam satu tahun, sebatang pohon rimbun menghasilkan oksigen sebanyak sepuluh orang yang bernapas. Namun, lingkungan tanpa pohon bukan berarti oksigen hilang tetapi tingkat oksigen akan lebih rendah.

Asap yang menyesakkan

Meskipun mungkin ada cukup oksigen bagi manusia untuk bertahan hidup di Bumi, namun tanpa pohon, udara bisa berbahaya.

Hal ini karena pohon seperti filter raksasa yang membantu mengurangi tingkat polusi. Daun dapat menghalau partikel udara dan ozon, karbon monoksida, sulfur dioksida, dan gas rumah kaca lainnya untuk diserap melalui stomata daun.

Penuh dengan udara panas

Dalam satu tahun, satu hektar pohon dewasa menyerap jumlah karbondioksida yang sama dengan yang dihasilkan oleh kendaraan mobil yang berjalan rata-rata sejauh 26.000 mil.

Aktivitas manusia tersebut dapat meningkatkan kadar normal karbon dioksida di atmosfer, sehingga menebang pohon akan mengurangi tingkat keseimbangan yang lebih jauh. Belum lagi sebagian besar karbon yang tersimpan akan dilepaskannya.

Deforestasi sudah mengakibatkan hingga 15 persen emisi gas rumah kaca global dan peningkatan karbon dioksida yang luar biasa akan menghasilkan planet yang jauh lebih panas.

Mudah banjir

Tanpa pohon, manusia tidak hanya akan hidup di dunia dengan kekeringan yang meluas, tetapi kemungkinan besar kita akan lebih sering terkena peristiwa cuaca ekstrem seperti banjir, saat turun hujan. Dalam hal ini, kekuatan akar pohon dibutuhkan untuk menghalau bencana alam tersebut.

Tanah di bawah standar

Tanpa pohon dan akar untuk menyatukan tanah, erosi akan cepat terjadi dan hujan lebat akan dengan mudah menyapu tanah.

Tanah juga akan penuh dengan bahan kimia berbahaya dan polutan yang biasanya disaring oleh pepohonan, jadi mencoba menanam apa pun di Bumi akan terbukti sulit.

Jadi itulah hal yang akan terjadi ketika tidak ada pohon di Bumi. Mulai sekarang yuk jaga lingkungan dan tanam pohon di sekitar detikers!



Simak Video "Hutan Hujan Amazon Kehilangan 13 Ribu Kilometer Persegi dalam 1 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia