5 Kesalahan Belajar Siswa yang Memicu Rasa Bosan, Pahami Ya!

fahri zulfikar - detikEdu
Kamis, 13 Jan 2022 14:42 WIB
Portrait of little Asian boy sitting at his desk doing homework against white background.
Ilustrasi belajar. Foto: Getty Images/iStockphoto/tylim
Jakarta -

Cara belajar setiap siswa dalam memahami ilmu ataupun mempersiapkan ujian memang berbeda-beda. Namun, seringkali siswa melakukan hal kurang tepat sehingga memicu rasa bosan.

Apabila rasa bosan tidak diatasi dan dihindari, belajar jadi kurang efektif dan hasilnya ilmu yang dipahami jadi tidak maksimal.

Merangkum laman sekolah BPK Penabur, berikut ini 5 kesalahan belajar siswa yang memicu rasa bosan.

5 Kesalahan Belajar Siswa yang Memicu Rasa Bosan:

1. Tidak fokus pada tujuan utama

Saat belajar siswa perlu menentukan tujuan. Misalnya, belajar untuk memahami materi yang sudah diajarkan atau belajar untuk ujian.

Nah, tujuan seperti itu tentu sangat baik. Akan tetapi bagi beberapa orang, mereka belajar hanya belajar saja. Tidak tahu tujuannya apa. Sehingga lama-kelamaan akan bosan karena mengulang rutinitas yang sama.

2. Strategi belajar yang asal-asalan

Setelah menentukan tujuan tentu kamu bisa menggunakan strategi yang tepat dalam belajar. Misal untuk memahami materi, kamu bisa membuat poin-poin sendiri atau untuk ujian belajar sebelum dan sesudah tidur.

3. Tidak punya waktu istirahat

Pentingnya strategi belajar juga akan mempengaruhi intensitas waktu. Misal menjelang ujian, pasti frekuensi belajar kamu semakin lebih intensif.

Bahkan, jauh-jauh hari sebelumnya sudah disiapkan demi mencapai tujuan akhir yang pastinya bisa membuat kamu puas dan bangga. Terkadang saking semangatnya, kamu bisa belajar terus menerus sehingga lupa waktu istirahat.

Maka, penting buat siswa untuk merelaksasi waktu belajar sebentar dengan tidur, atau hangout sebentar agar rasa jenuh bisa terobati.

4. Punya lingkungan yang tidak mendukung

Salah satu faktor suksesnya belajar bagi seorang ialah dukungan dari orang di sekitarnya. Beruntunglah bagi teman-teman yang mempunyai orang tua, teman, sahabat, kakak, atau siapa pun itu yang selalu semangat memberikan dukungan untuk kamu dalam kegiatan belajar.

Apabila kamu belum memiliki itu, kamu bisa mengajak teman kamu untuk belajar bersama atau meminta bimbingan kakak kelas atau guru di sekolah.

5. Ingin hasil yang instan

Ketika kamu sudah belajar dengan rutin, gigih, dan tak kenal waktu tapi hasilnya tidak memuaskan. Lama-lama bosan dan tidak percaya diri dengan kemampuan kamu.

Jika kamu pernah mengalami hal ini maka perlu diketahui kembali bahwa belajar tidak hanya mengerjakan 10 soal latihan kemudian langsung memahaminya.

Ada proses yang harus kamu lalui agar paham. Jadi, sudah dipastikan kalau belajar itu tidak instan dan membutuhkan proses yang sungguh-sungguh.

Nah, itulah 5 kesalahan belajar siswa yang memicu rasa bosan. Semoga bisa dihindari ya detikers!



Simak Video "Pembangunan Ruang Kelas Mangkrak, Siswa SD Ini Belajar di Kolong Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia