Mengenal Aktivitas Sapi yang Ternyata Hewan Pembelajar

Nikita Rosa - detikEdu
Selasa, 11 Jan 2022 17:30 WIB
Padang rumput ala New Zealand
Foto: Jeka Kampai/detikTravel
Jakarta -

Sapi merupakan hewan mamalia dengan corak putih-hitam atau coklat. Susunya yang bernutrisi, dagingnya yang lezat, dan tenaganya yang dapat memudahkan pekerjaan manusia, membuat sapi dikenal sebagai hewan yang sangat bermanfaat.

Meski terlihat hanya berlarian di padang rumput atau berkerumun, ternyata banyak aktivitas sapi yang jarang diketahui. Apa saja? Berikut aktivitas sapi menurut buku Cow Talk: Understanding Dairy Cow Behaviour to Improve Their Welfare on Asian Farms oleh Rebecca Doyle dan John Moran.

1. Belajar

Sapi merupakan makhluk pembelajar. Seperti manusia, sapi juga belajar untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari seperti: minum susu dari ember dan makan rumput dari tempat makan.

Sapi akan belajar untuk menangkap sinyal-sinyal seperti lonceng yang dibunyikan atau kaleng yang dipukul dan mengartikannya sebagai waktu makan siang atau waktu berkumpul.

2. Interaksi

Sapi juga membutuhkan sapi lainnya agar tidak merasa kesepian. Sapi akan bergabung dalam kawanannya untuk berinteraksi.

3. Makan dan Minum

Seperti makhluk hidup lainnya, aktivitas sapi yang terpenting yakni makan dan minum untuk bertahan hidup. Sapi merupakan hewan herbivora yang memakan tumbuh-tumbuhan. Sapi meminum air maupun susu dari induknya.

4. Berkembang biak

Untuk menjaga kelangsungan hidup sapi, sapi perlu berkembang biak. Sapi berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya. Dalam masa pertumbuhan, sapi tidak bermetamorfosis. Sapi akan tumbuh secara ukuran namun tidak berubah total bentuk tubuhnya. Daur siklus hidup sapi dimulai dari anak sapi, sapi muda, sapi dewasa hingga melahirkan anak sapi lagi.

Belajar, berinteraksi, makan dan minum, serta berkembang biak, merupakan aktivitas sapi yang mereka lakukan semasa hidupnya. Berkat aktivitas yang mereka lakukan, sapi dapat tumbuh menjadi sapi yang sehat dan siap membantu kehidupan manusia.



Simak Video "Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi di Bandung Nyaris Rp 140 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia