Hasil Sanggah CPNS Kemendikbudristek Diumumkan, Cek Infonya di Sini!

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 11 Jan 2022 09:00 WIB
Kapan Pengumuman Hasil SKB CPNS 2021? Cek di Sini Jadwalnya
Foto: SKB CPNS (Luthfy Syahban/detik.com)
Jakarta -

Pengumuman hasil sanggah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dapat dilihat hari ini, Selasa (11/1/2022). Pengumuman dapat diakses melalui akun SSCASN dari masing-masing peserta.

Hasil sanggah tersebut sebelumnya dijadwalkan pada 4-6 Januari 2022, namun sempat mengalami perubahan. Perubahan jadwal tersebut disampaikan Kemendikbudristek lewat Pengumuman Nomor 3185/A.A3/KP.01.00/2022 tentang Penyesuaian Jadwal Lanjutan Seleksi Penerimaan CPNS Kemdikbudristek Tahun 2021

Berdasarkan pengumuman tersebut, hasil sanggah dapat dilihat pada 9-11 Januari 2022 pada laman https://sscasn.bkn.go.id. Perubahan jadwal tersebut turut berdampak pada tahapan lainnya. Jadwal pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH) yang semula dijadwalkan pada 7-21 Januari 2022 berubah menjadi 12-26 Januari 2022.


Melalui surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Ketua Tim Pengadaan CPNS Kementerian, Suharti, pengumuman perubahan jadwal ini merupakan kelanjutan dari surat Nomor 92313/A.A3/KP.01.00/2021. Sebelumnya tertulis, hasil sanggah dari peserta akan diumumkan pada 4-6 Januari 2022.

"Panitia Seleksi CPNS Kemendikbudristek dapat menerima atau menolak alasan sanggah yang diajukan peserta dan hasil sanggah akan diumumkan pada tanggal 4 s.d. 6 Januari 2022," demikian bunyi pengumuman sebelumnya.

Jadwal Terbaru Tahapan CPNS Kemendikbudristek

1. Pengumuman pasca masa sanggah: 9 -11 Januari 2022

2. Pengisian DRH: 12 - 26 Januari 2022

Peserta yang lulus seleksi selanjutnya mengisi kelengkapan dokumen secara daring melalui akun masing-masing pada laman https://sscasn.bkn.go.id.

Berikut adalah kelengkapan dokumen tahap akhir yang dibutuhkan dalam pengisian DRH

Dokumen Tahap Akhir Pengisian DRH

1. Pasfoto terbaru berpakaian formal dengan latar belakang merah

2. File scan berwarna ijazah pendidikan asli (ijazah penyetaraan DIKTI untuk lulusan luar negeri) yang digunakan untuk melamar formasi CPNS (file pdf).

3. File scan berwarna transkrip nilai asli yang digunakan untuk melamar formasi CPNS (file pdf).

4. File scan berwarna surat pernyataan 5 poin sesuai dengan peraturan BKN No. 14 Tahun 2018 dan surat pernyataan yang disyaratkan oleh Kemdikbudristek (format Lampiran III dan Lampiran IV). Masing-masing file dibubuhi dengan tanda tangan dan meterai, kemudian digabung menjadi 1 (satu) file dan diunggah (file pdf).

5. File scan berwarna Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku sampai dengan Maret 2022 (file pdf).

6. File scan berwarna surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS atau dokter yang bekerja pada Unit Pelayanan Kesehatan Pemerintah, yang dibuat dan ditetapkan pada bulan Januari 2022. Apabila surat keterangan sehat jasmani terpisah dari surat keterangan sehat rohani, maka file tersebut digabung menjadi 1 (satu) file untuk selanjutnya diunggah (file pdf).

7. File scan berwarna surat keterangan tidak mengonsumsi/menggunakan narkoba, psikotropika, serta zat-zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah, yang dibuat dan ditetapkan pada bulan Januari 2022 (file pdf)

8. File scan berwarna bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (apabila memiliki masa kerja) (file pdf)

9. File scan berwarna hasil cetak (print out) daftar riwayat hidup (DRH) yang diunduh dari laman https://sscasn.bkn.go.id yang pada bagian nama, tempat lahir, dan tanggal lahir ditulis tangan sendiri menggunakan huruf balok/kapital (file pdf)

10. DRH dibubuhi materai dan ditandatangani sendiri oleh peserta CPNS Kemendikbudristek. Penulisan nama, tempat lahir, dan tanggal lahir serta penandatanganan dokumen menggunakan tinta warna hitam.

Itulah kabar terbaru mengenai hasil sanggah CPNS Kemendikbudristek. Perhatikan baik-baik ya detikers!



Simak Video "Tak Terima Vonis Olivia Nathania, Korban CPNS Bodong Teriak hingga Pingsan"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia