Bolehkah Guru Swasta Daftar PPPK Guru 2021 Tahap III? Ini Ketentuannya

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 08 Jan 2022 13:45 WIB
Ratusan calon pegawai melaksanakan Computer Assisted Test (CAT) untuk seleksi kompetensi dasar sebagai calon aparatur sipil negara dan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja  (CPPPK) tahun 2021 di Auditorium G.H.P Haryo Mataram Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/9).
Seleksi PPPK Guru Tahap III untuk guru swasta hingga lulusan PPG, cek ketentuannya. Foto: Agung Mardika/detikcom
Jakarta -

Seleksi PPPK Guru Tahap III 2021 akan dibuka setelah pengumuman hasil sanggah seleksi tahap II dijadwalkan ulang 6 Januari 2022. Seleksi PPPK Guru Tahap III salah satunya dapat diikuti guru swasta yang mengajar di satuan pendidikan atau sekolah swasta dan terdaftar sebagai guru di Dapodik.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani sebelumnya mengatakan, seleksi PPPK Guru tahap III dapat diikuti oleh seluruh peserta yang belum lulus seleksi tahap II.

"Untuk ujian tahap dua itu sudah terbuka berkompetisi seluruhnya, baik dari guru swasta, non induk, dan untuk lulusan PPG, individu yang mempunyai sertifikat guru dan belum mengajar," kata Nunuk dalam Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) Episode 11, Kamis (14/10/2021) lalu.

Nunuk menambahkan, mekanisme seleksi tahap III sama dengan mekanisme seleksi sebelumnya. Namun pada Seleksi PPPK Guru Tahap III, peserta dapat memilih kembali formasi PPPK Guru di seluruh wilayah Indonesia.

Berikut syarat dan ketentuan Seleksi PPPK Guru Tahap III khususnya untuk guru swasta dalam petunjuk teknis pelaksanaan Seleksi PPPK Guru 2021.

Ketentuan Seleksi PPPK Guru III

Calon Peserta yang Dapat Melamar

  • Pelamar dari THK-II yang tidak lulus seleksi kompetensi I dan II
  • Guru non-ASN yang terdaftar di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I dan II
  • Guru swasta yang terdaftar di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II
  • Lulusan PPG yang tidak lulus seleksi kompetensi II

Ketentuan Pemenuhan Formasi

Peserta Seleksi PPPK Guru Tahap III dapat melakukan pemilihan formasi ulang melalui portal SSCASN BKN dengan formasi di sekolah yang masih tersedia. Ini artinya, pelamar dapat memilih kebutuhan PPPK di seluruh sekolah wilayah Indonesia yang belum terpenuhi pada seleksi kompetensi I dan seleksi kompetensi II sesuai sertifikat pendidik dan atau kualifikasi pendidikan masing-masing.

Untuk pemenuhan formasi PPPK Guru, pelamar yang tidak lulus seleksi kompetensi III nantinya akan mengisi formasi yang belum terpenuhi dengan ketentuan berikut:

  • Memenuhi nilai ambang batas dan berperingkat terbaik.
  • Jabatan yang akan diisi adalah jabatan yang kosong pada bentuk satuan pendidikan lain yang sama dengan jabatan dan bentuk satuan pendidikan yang dipilih pelamar pada Seleksi Kompetensi III.
  • Bentuk satuan pendidikan yang akan diisi berada dalam satu wilayah kewenangan penyelenggaraan pendidikan.

Penentuan sekolah yang akan diisi kekosongannya yakni berdasarkan:

  • Peringkat mutu satuan pendidikan.
  • Jarak dengan sekolah yang dipilih pelamar pada Seleksi PPPK Guru Tahap III.
  • Ketentuan lain yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara seleksi berdasarkan peta kebutuhan guru.

Jadi, peserta yang berhak mengikuti seleksi PPPK Guru Tahap III 2021 yaitu pelamar dari THK-II, guru non-ASN, dan guru swasta yang terdaftar di Dapodik serta lulusan PPG yang masing-masing tidak lulus seleksi kompetensi II.



Simak Video "ASN Penghalang-Penggebrak Ambulans Minta Maaf, Kini Terancam Sanksi"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia