Hasil Sanggah CPNS Kemendikbudristek Diundur, Ini Jadwal Terbarunya

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 09 Jan 2022 19:00 WIB
Gedung Kemendikbud (Dok. Setkab)
Gedung Kemendikbudristekdikti. (Foto: Dok. Setkab)
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan kabar penundaan jadwal hasil sanggah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Pengumuman hasil dijadwalkan menjadi tanggal 9-11 Januari 2022.

Hal tersebut disampaikan Kemendikbudristek melalui Pengumuman Nomor 3185/A.A3/KP.01.00/2022 Tentang Penyesuaian Jadwal Lanjutan Seleksi Penerimaan CPNS Kemdikbudristek Tahun 2021 dan dilihat detikEdu pada Minggu (9/1/2022).

"Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadi perhatian. Mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam proses pelaksanaan seleksi ini," bunyi pengumuman dari Kemendikbudristek tersebut.

Perubahan jadwal ini juga menyebabkan jadwal pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH) bergeser. Dari yang dijadwalkan pada 7-21 Januari 2022 berubah menjadi 12-26 Januari 2022.

Berdasarkan surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Ketua Tim Pengadaan CPNS Kementerian, Suharti, pengumuman perubahan jadwal ini merupakan kelanjutan dari surat Nomor 92313/A.A3/KP.01.00/2021. Sebelumnya tertulis, hasil sanggah dari peserta akan diumumkan pada 4-6 Januari 2022.

"Panitia Seleksi CPNS Kemendikbudristek dapat menerima atau menolak alasan sanggah yang diajukan peserta dan hasil sanggah akan diumumkan pada tanggal 4 s.d. 6 Januari 2022," demikian bunyi pengumuman sebelumnya.

Untuk jadwal terbarunya, dapat disimak selengkapnya pada pemaparan berikut ini,

Update Jadwal Tahapan CPNS Kemendikbudristek 2021 Terbaru

  1. Pengumuman Paska Sanggah: 9-11 Januari 2022
  2. Pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH): 12-26 Januari 2022

Untuk tahapan akhir pengisian DRH ini, para peserta yang lulus dalam seleksi akan diminta untuk mengisi kelengkapan dokumen secara daring melalui akun masing-masing pada laman https://sscasn.bkn.go.id.

Sebagai informasi, kelengkapan dokumen yang dimaksud dalam tahapan akhir seleksi CPNS Kemendikbud ini adalah sebagai berikut,

Dokumen Tahap Akhir Pengisian DRH dalam CPNS Kemendikbudristek

  1. Pasfoto terbaru berpakaian formal dengan latar belakang merah
  2. File scan berwarna ijazah pendidikan asli (ijazah penyetaraan DIKTI untuk lulusan luar negeri) yang digunakan untuk melamar formasi CPNS (file pdf)
  3. File scan berwarna transkrip nilai asli yang digunakan untuk melamar formasi CPNS (file pdf)
  4. File scan berwarna surat pernyataan 5 poin sesuai dengan peraturan BKN No. 14 Tahun 2018 dan surat pernyataan yang disyaratkan oleh Kemdikbudristek (format Lampiran III dan Lampiran IV). Masing-masing file dibubuhi dengan tanda tangan dan meterai, kemudian digabung menjadi 1 (satu) file dan diunggah (file pdf)
  5. File scan berwarna Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku sampai dengan Maret 2022 (file pdf)
  6. File scan berwarna surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS atau dokter yang bekerja pada Unit Pelayanan Kesehatan Pemerintah, yang dibuat dan ditetapkan pada bulan Januari 2022. Apabila surat keterangan sehat jasmani terpisah dari surat keterangan sehat rohani, maka file tersebut digabung menjadi 1 (satu) file untuk selanjutnya diunggah (file pdf)
  7. File scan berwarna surat keterangan tidak mengonsumsi/menggunakan narkoba, psikotropika, serta zat-zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah, yang dibuat dan ditetapkan pada bulan Januari 2022 (file pdf)
  8. File scan berwarna bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (apabila memiliki masa kerja) (file pdf)
  9. File scan berwarna hasil cetak (print out) daftar riwayat hidup (DRH) yang diunduh dari laman https://sscasn.bkn.go.id yang pada bagian nama, tempat lahir, dan tanggal lahir ditulis tangan sendiri menggunakan huruf balok/kapital (file pdf)
  10. DRH dibubuhi materai dan ditandatangani sendiri oleh peserta CPNS Kemendikbudristek. Penulisan nama, tempat lahir, dan tanggal lahir serta penandatanganan dokumen menggunakan tinta warna hitam

Jangan sampai terlewat ya, detikers!



Simak Video "Siap-siap! Pendaftaran CPNS-PPPK 2021 Diumumkan Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia