Penelitian: Definisi, Ciri-ciri, hingga Macamnya

Nikita Rosa - detikEdu
Minggu, 09 Jan 2022 21:05 WIB
ilustrasi riset
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Penelitian merupakan hal yang erat dengan dunia pendidikan. Alasannya, pendidikan mengajarkan pelajar untuk menguji pengetahuan yang ia punya dan menerapkannya dengan melakukan penelitian.

Definisi Penelitian

Mengutip buku Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial oleh Kun Maryati dan Juju Suryawati, penelitian adalah usaha memperoleh fakta atau prinsip dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data (informasi) yang dilaksanakan dengan jelas, teliti, sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam definisi lain, penelitian diartikan sebagai usaha peneliti untuk menguji data yang ia dapat dan menghasilkan pengetahuan baru. Oleh karenanya, penelitian menjadi tombak dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Ciri-ciri Penelitian

Penelitian mempunyai dua ciri utama, yakni bersifat ilmiah dan berkelanjutan. Penelitian dikatakan bersifat ilmiah karena dilakukan melalui prosedur yang sistematis dan pencarian fakta secara objektif.

Sementara itu, dalam hal berkelanjutan, penelitian merupakan proses yang berjalan terus-menerus. Hasil dari sebuah penelitian akan terus disempurnakan seiring perkembangan ilmu pengetahuan.

Macam-macam Penelitian

Buku Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial oleh Kun Maryati dan Juju Suryawati menyebutkan terdapat 14 macam penelitian menurut tingkat analisis data, tempat pengambilan data, dan pendekatannya. Berikut penjelasannya:

A. Menurut Tingkat Analisis Data

1. Penelitian Eksplorasi

Penelitian eksplorasi merupakan penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi mendasar tentang suatu permasalahan yang belum pernah atau masih jarang diteliti.

2. Penelitian Pengembangan

Penelitian pengembangan merupakan penelitian yang memperluas dan menggali lebih dalam suatu realitas atau masalah yang sudah ada.

3. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berisi penjelasan tentang ciri-ciri suatu keadaan yang diteliti. Dalam penelitian deskriptif, peneliti tidak memberikan kesimpulan umum, peneliti hanya memaparkan, memberikan gambaran, melaporkan suatu objek, dan keadaan atau peristiwa.

4. Penelitian Eksplanasi

Penelitian eksplanasi merupakan penelitian yang menjelaskan alasan terjadinya suatu peristiwa dengan cara menganalisis hubungan antara variabel yang satu dengan variabel lain yang diteliti.

5. Penelitian Inferensial

Penelitian inferensial merupakan penelitian yang tidak hanya menjelaskan suatu peristiwa, tetapi juga mengambil kesimpulan umum dari masalah yang tengah dibahasnya.

6. Penelitian Prediksi

Penelitian prediksi bertujuan untuk memberikan gambaran dan penjelasan tentang kemungkinan terjadinya suatu peristiwa pada masa datang.

B. Menurut Tempat Pengambilan Data

1. Penelitian Laboratorium

Penelitian laboratorium adalah penelitian yang dilakukan di tempat khusus untuk menghasilkan suatu kesimpulan.

2. Penelitian Lapangan

Penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilakukan dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya. Dalam hal ini, peneliti berbaur dengan objek yang ditelitinya.

3. Penelitian Perpustakaan

Penelitian perpustakaan merupakan penelitian yang berdasarkan pada bahan pustaka di perpustakaan untuk mengumpulkan data dan informasi penelitian.

C. Menurut Pendekatannya

1. Penelitian Survei

Penelitian survei adalah penelitian yang dilakukan untuk membuat generalisasi dari suatu pengamatan terbatas menjadi simpulan yang berlaku umum bagi populasi.

2. Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dilakukan untuk memahami fenomena sosial. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi partisipasi, wawancara secara mendalam, dan metode lain yang menghasilkan data yang bersifat deskriptif untuk mengungkapkan sebab dan proses terjadinya peristiwa yang dialami objek penelitian.

3. Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menghasilkan data berupa angka-angka yang dianalisis dengan menggunakan statistik.

4. Penelitian Historis

Penelitian historis adalah penelitian yang dilakukan untuk dapat merekonstruksi dan mengaktualisasikan kembali peristiwa dan perkembangan masyarakat yang terjadi pada masa lampau.

5. Penelitian Kebijakan

Penelitian kebijakan adalah penelitian yang bertujuan menghasilkan alternatif rekomendasi kebijakan dengan cakupan luas.

Itulah definisi, ciri-ciri, dan macam-macam penelitian. Apakah detikers tertarik untuk menjadi peneliti?



Simak Video "20 Spesies Anggrek Baru Ditemukan di Kosta Rika"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia