10 Negara Ini Punya Bahasa Terbanyak di Dunia, Indonesia Masuk Nih!

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 07 Jan 2022 10:30 WIB
Ilustrasi bahasa yang hilang
Ilustrasi bahasa di dunia. (Foto: Speech4Hearing)
Jakarta -

Penelitian menyatakan, seorang yang bilingual memiliki sejumlah manfaat bagi otak. Sekaligus dapat mengurangi efek-efek dari penuaan. Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan bagi negara yang memiliki ratusan lebih bahasa.

Lembaga riset bahasa Ethnologue: Languages of the World merilis hasil risetnya tentang negara dengan bahasa terbanyak di dunia. Namun, data ini hanya mengukur jumlah bahasa yang digunakan di setiap negara.

Bukan, untuk mengukur jumlah penduduk di suatu negara yang berbicara lebih dari satu bahasa. Adapun data selengkapnya, dapat disimak dari pemaparan berikut yang disadur dari laman resmi Ethnologue, World Economic Forum, dan Vistawide. Ada negara apa saja?

10 Negara dengan Banyak Bahasa di Dunia

1. Papua Nugini

Peringkat pertama negara dengan bahasa terbanyak yang digunakan penduduknya ditempati oleh Papua Nugini. Negara ini memiliki bahasa bahkan lebih banyak dari seluruh wilayah kontinen di Eropa.

Data yang terakhir dirilis Ethnologue, setidaknya ada 840 bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat. Padahal per 2020 kemarin, penduduk di Papua Nugini tidak sampai menyentuh puluhan juta atau hanya berkisar 8,947 juta penduduk.

Hal ini sangat dimungkinkan bila dua warga Papua Nugini yang dipilih secara acak akan memiliki bahasa ibu yang berbeda.

Keragaman bahasa ini dilatarbelakangi dari topografi yang ada di Papua Nugini, seperti yang dijelaskan World Economic Forum. Lembah yang dalam dan medan yang sulit mengakibatkan pemisahan suku dan klan tidak dapat dihindarkan.

"Lembah yang dalam dan medan yang sulit telah menyebabkan pemisahan suku dan klan dan dengan demikian beberapa bahasa dan dialek yang berbeda telah berevolusi," tulis World Economic Forum.

2. Indonesia

Bersaing dengan Papua Nugini, Indonesia menyusul dengan angka yang tidak begitu jauh di belakangnya dengan total 712 bahasa.

Namun, data terbaru dari Peta Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun 2019 menyebut, Indonesia memiliki sebanyak 718 bahasa daerah dari 2.560 wilayah yang dipantau.

Keragaman bahasa di Indonesia ini tidak begitu mengherankan, mengingat negara ini tersusun dari beberapa pulau dengan penduduk yang menyentuh angka 273,5 juta.

3. Nigeria

Selanjutnya, ada Nigeria yang terletak di Afrika Barat. Menurut data Ethnologue, negara ini memiliki jumlah bahasa yang sedikit jauh di bawah Indonesia yakni, berjumlah 522 bahasa. Artinya, hanya sekitar 7 persen dari seluruh bahasa di dunia.

Nigeria memiliki beberapa bahasa nasional atau bahasa resmi yang digunakan penduduknya, seperti di antaranya Edo, Efik, Adamawa Fulfulde, Hausa, Idoma, Igbo, Central Kanuri, Yoruba, dan bahasa Inggris.

4. India

Kali ini kembali datang dari negara Asia yakni, India. Data menunjukkan, India setidaknya memiliki bahasa sebanyak 454 yang berarti menempati 6 persen dari seluruh populasi bahasa di dunia ini.

Sebagai salah satu negara dengan kepadatan penduduk tertinggi, India tentunya memiliki sejumlah bahasa nasional yang dituturkan warganya. Bahasa tersebut yakni, Assamese, Bengali, Bodo, Dogri, Gujarati, Hindi, Kannada, Kashmiri, Konkani, Maithili, Malayalam, Marathi, Meitei, Nepali, Oriya, Eastern Panjabi, Sanskrit, Santali, Sindhi, Tamil, Telugu, dan Urdu.

5. Amerika Serikat

Di luar dari bahasa Inggris yang diketahui oleh masyarakat umum, ternyata Amerika Serikat muncul sebagai negara dengan bahasa terbanyak di dunia posisi kelima. Ada 326 bahasa yang digunakan penduduk setempat untuk berkomunikasi.

Bahasa Inggris, Hawaiian di Hawaii, dan Spanyol di Meksiko Baru merupakan sejumlah bahasa resmi yang kerap digunakan di Amerika Serikat.

6. Australia

Menyusul tidak jauh di belakang Amerika Serikat, ada negara Australia yang memiliki sebanyak 314 bahasa. Setidaknya memenuhi 4 persen populasi bahasa yang ada di dunia. Meskipun demikian, bahasa nasional atau bahasa resmi yang menjadi satu-satunya bagi negara ini adalah bahasa Inggris.

7. Cina

Posisi ke-7 negara yang memiliki bahasa terbanyak di dunia, ditempati oleh Republik Rakyat China (RRC). Negara ini memiliki 308 bahasa yang digunakan penduduknya.

Adapun bahasa nasional atau bahasa resmi milik negara Asia Timur ini di antaranya, Mandarin Chinese, Daur, Kalmyk-Oirat, Lu, Peripheral Mongolian, Central Tibetan, Uyghur, Xibe, dan Northern Zhuang.

8. Meksiko

Posisi selanjutnya disusul oleh salah satu negara Amerika Latin, tepatnya Meksiko. Negara ini memiliki jumlah bahasa yang memenuhi 4 persen total bahasa di dunia atau sebanyak 292 bahasa.

Meskipun bahasa Spanyol merupakan bahasa resmi satu-satunya milik negara ini.

9. Kamerun

Kamerun, sebuah republik kesatuan di Afrika Tengah dan Barat, memiliki jumlah bahasa yang tidak kalah sedikit dengan negara yang disebutkan sebelumnya.

Negara ini memiliki total 275 bahasa yang dituturkan penduduknya dengan bahasa nasional dari negara tersebut adalah bahasa Inggris dan bahasa Prancis.

10. Brazil

Terakhir, ada Brazil yang menempati posisi ke-10 negara dengan bahasa terbanyak di dunia. Jumlah bahasa yang dimilikinya sekitar 3 persen dari total keseluruhan bahasa di dunia.

Tepatnya, ada 221 bahasa digunakan oleh penduduk Brazil. Tentu dengan tidak melupakan bahasa resminya yakni bahasa Portugis.

Keren, ternyata Indonesia masuk tiga besar dunia nih, detikers! Bangga nggak?



Simak Video "Jokowi Siap Buka Kembali Perbatasan Papua Nugini Demi Perekonomian"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia